Gubernur Papua Apresiasi Dekopin Sebagai Mitra Pemda

Lukas Enembe-Foto: RRI.


JAYAPURA—Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengapresiasi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) sebagai bagian dari perjuangan mewujudkan keadilan dan kemakmuran sosial ekonomi bagi masyarakat.
Enembe menyampaikan, Dekopin Wilayah Papua harus menjadi wadah tunggal mengawal roh pergerakan berkoperasi di wilayah Papua.

Selain itu Dekopin Wilayah Papua adalah mitra strategis Pemerintah Provinsi Papua melakukan pembinaan dan pengembangan koperasi menuju terciptanya lapangan kerja yang produktif, ekonomis, maju, bangkit, dan sejahtera.

“Selaku Gubernur Papua saya memberikan apresiasi sekaligus berharap agar Pelaksana Tugas Ketua Dekopin Papua segera dilantik menjadi ketua definitif,” ujar Gubernur Lukas Enembe melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Doren Wakerkwa, SH saat berlangsung Musyawarah Wilayah Dekopin Papua di Hotel Horison Kotaraja, Jayapura, Jumat (25/3/22).

Gubernur mengharapkan Ketua Dekopin Indonesia segera melantik Ketua Dekopin Wilayah Papua agar bersama pengurus baru segera bekerja.

“Saya selaku Gubernur Papua mengharapkan agar Dekopin Wilayah Papua dapat memainkan peran untuk mewujudkan cita-cita koperasi di Papua dan sebagai penyalur aspirasi serta berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam membangun koperasi di Papua melalui Dinas Perindagkop UKM Papua,” papar Gubernur.

Banyak koperasi macet di mana-mana. Padahal, koperasi sudah bangkit sejak era Orde Baru tetapi ada banyak kendala nasional sehingga semakin kendor. Dia mengharapkan dengan ketua yang baru nanti bisa membangkitkan kembali semangat berkoperasi untuk kepentingan masyarakat Papua
Pihaknya meminta para pengurus Dekopin Wilayah Papua segera berkoordinasi dengan para bupati dan wali kota seluruh Papua untuk membentuk koperasi di setiap kabupaten atau kota. Hal ini mengingat koperasi sebagai wadah berkumpulnya masyarakat ekonomi sehingga para pengurus memberikan pelayanan sekaligus ikut memberdayakan warga melalui wadah koperasi.

“Kita semua yang ada di atas tanah Papua ini sudah diberkati Tuhan. Oleh karena itu kita harus menjadi berkat bagi masyarakat. Sebelum mengembangkan koperasi di daerah, kita harus memperhatikan penampilan kita agar dapat dipercaya masyarakat. Bila penampilan kita kepada orang kurang baik, mereka menjadi ragu untuk bergabung menjadi anggota,” pesan Enembe.

Peringatan itu beralasan mengingat banyak koperasi di Papua macet oleh berbagai kendala. Misalnya, pemahaman soal konsep pengelolaan koperasi atau kehabisan modal bahkan pupusnya semangat hidup berkoperasi. Karena itu diharapkan agar Dekopin Papua bersama-sama aparatur teknis di provinsi maupun kabupaten dan kota bergandengan tangan satu sama lain.

Bagikan ke: