Gimana Cara Bikin BBM Satu Harga?

Amanat Presiden untuk menerapkan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga tampaknya serius. Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengingatkan Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas),  agar program ini jangan sampai gagal. “Ini penting sekali. Bisa tidak bisa, harus bisa,” katanya. Kebijakan tersebut berlaku di 145 wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) di seluruh Indonesia. Untuk menjalankan komitmen ini dianggarkan lebih dari Rp2 T/tahun.

Harga BBM yang dimaksud adalah: Solar Rp5.150/liter dan Premium Rp6.550/liter. Cuma, kendalanya sangat jelas: Untuk mengangkut BBM ke perbatasan Kalimantan, misalnya, butuh biaya Rp38 ribu/liter. Kok mahal amat? Sebab, satu-satunya cara pengangkutan hanya dengan pesawat. Dengan penugasan menyamakan harga BBM di 145 lokasi seluruh Indonesia, biayanya ditaksir lebih dari Rp2 T/tahun. Itu ditanggung Pertamina.

Lantaran jalan darat tidak tersedia, di daerah 3T tidak ada yang mau jadi pengusaha atau investor SPBU. Lalu? Silakan berpikir keras. Itu tantangan yang tak sepatutnya dijawab dengan keluhan belum ada inilah, kurang itulah, terkendala anulah. Jangan malas. Siasati dan sinergikan seluruh potensi.

 

Nana K. Kustara

Karawang, Jabar

Bagikan ke: