Empat Kopdit Flores Sosialisasi Online

kopdit flores online

Koperasi harus melek teknologi atau mati. Badan usaha berbasis anggota ini tak bisa lagi sekadar tumbuh dengan nuansa paguyuban alias sekadar kebersamaan. Aspek bisnis dan penguasaan teknologi terkini mutlak dikuasai agar lebih efisien dan efektif melayani anggota. Berangkat dari kesadaran untuk menjadikan koperasi melek teknologi, Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Swadaya Utama, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pelatihan Sikopdit Online bagi para anggotanya. Pelatihan empat hari tersebut (16-20 Februari 2016) diikuti empat Kopdit yang terbilang besar di Pulau Flores, yaitu Kopdit Pintu Air Rotat, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Kopdit Ankara Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kopdit Guru Kobanggolit, Adonara, Kabupaten Flotim dan Kopdit Tuke Jung, Kecamatan Nele, Kabupaten Sikka.

Besarnya animo masyarakat di provinsi NTT untuk berkoperasi membuat kopdit tumbuh subur, hampir sebagian besar ekonomi masyarakat tumbuh dan digerakkan melalui kopdit. Lantaran itu pula NTT didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara Hari Koperasi 68 pada tahun 2015. Bagi para pengelola Kopdit, kebanggaan tersebut tidak ingin hanya sebatas seremonial. Itu sebabnya Puskopdit Swadaya Utama menggandeng sekunder kopdit di tingkat nasional (Inkopdit) mengadakan pelatihan Sikopdit Online. Tentu saja kerja sama tersebut direspon positif, karena Inkopdit memang punya tanggungjawab memberdayakan anggotaya (sekitar 900 kopdit) yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air.

Pelatihan Sikopdit Online yang diikuti 20 orang peserta, kata Ketua Penyelenggara Fransiskus De Fransa, untuk memberdayakan pengurus Kopdit terkait pemahaman sistem pelayanan akuntansi keuangaan berbasis informasi dan komunikasi (IT) melalui sistem online. Tiga nara sumber, yaitu Joko Priyono Staf IT Inkopdit, Isabela Darino dan Yulianus Bai Naran Keban, keduanya Staf IT Puskopdit Swadaya Utama Maumere diharapkan dapat menularkan ilmunya sehingga penerapan komunikasi online bagi Kopdit di seluruh NTT segera terujud. Seperti dikatakan, Joko Priyono, Inkopdit tengah menyiapkan data base yang online dengan kopdit-kopdit di daerah. Selain NTT, Inkopdit telah melakukan pelatihan yang sama di daerah lain, seperti Puskopdit Sumberinci Padang, Puskopdit Bali Artha Guna Bali, Flores Mandiri Ende, Puskopdit Jatim Sel Ponorogo, Puskopdit Timor Kupang dan Puskopdit Jatra Miguna Yogyakarta (*)

Bagikan ke: