Djakarta Festival Selaras dengan Ikhtiar Pemprov DKI Jakarta Pulihkan Ekonomi

Pameran produk IKM dan UMKM pada Djakarta Festival 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2022).Foto :Peluang.

Jakarta (Peluang) : Djakarta Festival 2022 mempunyai catatan sejarah untuk menggerakkan ekonomi Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Djakarta Festival 2022 selaras dengan ikhtiar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam melakukan percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, terutama bagi industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Usaha mereka secara modal terbatas dan sangat terdampak. Jadi perlu dibina dan penguatan. KADIN DKI Jakarta telah membina, membimbing dan melatih UMKM yang ada di Jakarta. Ini selaras dengan ikhtiar kami memulihkan ekonomi,” ujar Riza pada gelaran Djakarta Festival 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2022).

Ia menyampaikan pertumbuhan ekonomi nasional khususnya Jakarta sudah berada dalam tren positif. “Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Jakarta di atas rata-rata nasional,” ujarnya.

Menurutnya, pencapaian itu berkat kolaborasi dan sinergi semua pihak, termasuk KADIN DKI Jakarta.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya ucapkan terima kasih pada KADIN DKI Jakarta telah membantu pembinaan UMKM,” ucap Riza.

Ia menyebut Djakarta festival 2022 merupakan festival yang mempunyai catatan sejarah karena diinisiasi oleh KADIN Jaya pada tahun 1968.

Saat itu masih menggunakan nama Djakarta Fair dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Kemudian berganti nama menjadi Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang gelarannya beralih di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Pelaksanaannya menurut Riza, memiliki peran penting dalam kebangkitan para pelaku usaha, karena tidak hanya menggelar pameran tapi membimbing teknik untuk pelaku IKM dan UMKM.

“Ini sangat mendorong gerak perekonomian Jakarta,” ujarnya.

Adapun tantangan kedepan menurutya, adalah meningkatkan penguatan produk yang diproduksi oleh para pelaku IKM dan UMKM. Pemprov DKI Jakarta mendukung program peningkatan pengunaan produksi dalam negeri melalui belanja pemerintah.

Di antaranya adalah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri yang dituangkan dalam Keputusan Gubernur Nomor 217 tahun 2022. Juga diterbitkan Intruksi Sekda Nomor 51 tahun 2022 tentang Rencana Aksi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Selain itu tambah dia, program Jumat Beli Lokal. Ini pameran daring produk unggulan UMKM Pemprov DKI Jakarta yang diadakan setiap Jumat melalui platfrom belanja digital seperti Tokopedia dan media sosial (medsos).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dalam acara Djakarta Festival 2022 di Parkir Timur Senayan,Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2022).Foto: Peluang.

“Kami minta semua jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk menggiatkan dan promosikan produk-produk unggulan itu, dan yang terpenting membeli produk mereka,” kata Riza.

Menurutnya, upaya itu menjadi bagian program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk memastikan keberlanjutan program ini perlu didukung seluruh entitas dalam memprioritaskan produk lokal dan menjadikannya sebagai bagian dari rantai pasok global.

Kembali Riza menyatakan bahwa dalam kiprahnya KADIN DKI Jakarta telah menghasilkan kebijakan dan rekomendasi untuk menghadapi tantangan ekonomi terkini dan masa depan.

Riza bersyukur bangsa Indonesia bisa survive dibandingkan bangsa lain menghadapi perkembangan global, seperti krisis keuangan, pangan, gejolak perang Rusia-Ukrania dan lainnya.

“Alhamdulillah kita bisa survive dan bertahan. Mudah-mudahan kita semua bisa dukung IKM dan UMKM melalui program,” tutupnya. (S1).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.