Dishub DKI Awasi Teminal sebelum jelang lebaran

Ilustrasi-foto : moeslic.

JAKARTA — Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengintensifkan patroli keliling dari situasional menjadi berkelanjutan setiap hari untuk mengawasi terminal bayangan menjelang arus mudik Lebaran. Jelang mudik intensitas (patroli keliling) lebih ditingkatkan, pagi, siang, dan malam.

Dalam patroli setiap hari, lanjut dia, petugas melakukan penertiban apabila menemukan bus yang menaikkan dan menurunkan penumpang di luar tujuh terminal yang sudah ditetapkan melayani angkutan mudik Lebaran.

Pihaknya sudah memetakan beberapa titik yang kerap dijadikan terminal bayangan di antaranya, di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Penertiban agar kendaraan masuk ke terminal sesuai dengan yang tertera dalam kartu pengawasannya. Penertiban dilakukan oleh jajaran perhubungan (dinas dan sudin) sesuai wilayah operasional,” kata Yayat, Selasa (19/04/2022).

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga terminal bantuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Tiga terminal bantuan itu, meliputi Terminal Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke. Sedangkan untuk terminal antarkota maupun antarprovinsi (AKAP) dilayani di Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, dan Tanjung Priok.

Sedangkan pergerakan pemudik dari wilayah lain di DKI, masih bisa diakomodasi oleh Terminal Kampung Rambutan, Pulo Gebang dan Terminal Lebak Bulus.

“Selama ini dari hasil evaluasi untuk wilayah timur itu sudah bisa di Fasilitasi oleh Kampung Rambutan dan Pulo Gebang,” kata Syafrin, Selasa (19/04/2022).

Sementara itu, untuk wilayah selatan sudah didukung oleh Terminal Lebak Bulus dan Terminal Kampung Rambutan. Kemudian di wilayah barat, didukung Terminal Grogol yang juga sekaligus mendukung wilayah utara.

“Di utara yang Terminal Tanjung Priok yang relatif lebih kecil itu didukung penuh Terminal Muara Angke dan Grogol tentunya,” tutupnya.

Bagikan ke: