Cagub & Kepedulian PKL Jakarta

Tanggal 15 Februari ini warga DKI memilih Gubernur periode 2017-2022. Tiga paslon pun  sudah menjalani uji publik lewat acara Debat Kandidat. Tayangannya serentak di beberapa stasiun televisi. Spanduk dan baliho mereka menyebar di berbagai titik. Moto Paslon nomor urut 1: “Satukan Jakarta untuk Warga”; nomor urut 2: “Kerja”, dan nomor urut 3: “Maju Kotanya Bahagia Warganya”.

Dari ketiganya, hanya satu paslon yang punya program jelas tentang peningkatan kualitas hidup; perekonomian rakyat banyak. Dua lainnya hanya bicara secara umum, normatif, sekadar. Aneh, mereka mau menang di Pilgub, tapi tak mengetengahkan tawaran perbaikan kesejahteraan yang jelas bagi 10-11 juta rakyat DKI. Kalau sekadar lips service, di semua Pilkada juga “jualan” peningkatan kesejahteraan. Tapi, mana yang terprogram dan terukur?

Sandiaga Uno maju sebagai cawagub Anies Baswedan. Ia ajukan program kongkret tentang penciptaan 200.000 UMKM.  Sandiaga tentu tidak sedang membual. Sebab, sepanjang hayatnya ia berkutat dan mengabdikan diri di dunia bisnis. Ia paham betul seluk beluk dunia usaha. Sandi memulai bisnisnya dari 5 karyawan menjadi 50.000 karyawan. Bukti dan pengalaman seperti itu yang ingin diterapkan di Pemprov DKI Jakarta, jika rakyat Jakarta memberinya mandat.

Patut diingat, angka PKL (pedagang kaki lima) di Ibukota ini jumlahnya 273 ribu. Itu menurut catatan resmi Dinas KUMKM DKI Jakarta. Angka real di lapangan tak kurang dari 500 ribu pedagang. Perkiraan tak jauh berbeda dikemukakan baik oleh Paguyuban Pedagang Kaki Lima Indonesia (PPKLI) maupun oleh Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI).

Saya pikir, sudah saatnya kita mendukung calon pemimpin yang punya rekam jejak jelas seperti ini. Saatnya kini kita tak melakukan tindakan bodoh/salah pilih pemimpin yang akan kita sesali selama 5 tahun ke depan. Sandiaga Uno secara meyakinkan menjanjikan pekerjaan untuk rakyat. Bukan “kerja” sebagai asesori spanduk—entah siapa yang bekerja, dan entah apa yang dikerjakan.

 

Imir Usman  

Fatmawati, Jakarta Selatan

Bagikan ke: