Buah Kejujuran dan Kebersamaan

Ia hadapi tantangan. Banting tulang dan kerja keras dengan sangat tekun. Ia pun sukses, tak sekadar mengentaskan diri dari jerat kemiskinan keluarga.

I nyoman SA

Nama I Nyoman Sudi Artawan di kalangan masyarakat Bali dan pelaut Bali sangat dikenal. Nama pangilannya Sudi. Liku-liku kariernya sangat beragam. Siapa sangka pemilik Bali Tour Operational  dan Direktur PT Ratu Oceania Raya Bali itu ‘berpengalaman’ sebagai penjual kelapa di Pasar Badung? Tapi, begitulah. Tiap tahapan dijalaninya dengan sepenuh hati,

Sudi putra ketiga pasangan Ketut Merta dan Wayan Kenak dari Desa Pelapuan, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Lahir 1 Desember 1975 di Desa Mungil Pelapuan. Keluarganya pindah ke Desa Bongancina, Kecamatan Busungbiu. Mereka menghuni rumah setengah batako setengah kayu. Hidup di bawah pas-pasan, bahkan untuk makan pun kerap dengan nasi campur ketela atau pisang.

Untuk biaya sekolah, ia terbiasa membantu ibunya berjualan makanan kecil keliling desa berjalan kaki. Ibunya pedagang dan perajin sangkar burung. Beranjak ke usia SMU, ia dengan bergairah membantu pamannya yang berjualan kelapa di Pasar Badung. Selama 8 bulan (1995-1996), sejak pukul 1.00 dini hari hingga 07.30 pagi, Sudi terlibat dalam rutinitas ini.

Di bangku SMA, ia menekuni bahasa Inggris di Manggala English Course dan bahasa Jepang di Denpasar. untuk membayar biaya kursus dan Diploma 1 BLKP. Dengan kecakapan berbahasa Ingris beliau sering atar tamu tour keliling Bali sebagai guide sehingga dapat uang tambahan.

Kariernya berawal sebagai salesman untuk Erera Card Group, perusahan MLM. Setiap hari ia harus berkeliling ke rumah-rumah penduduk. Selama 6 bulan menjadi freelance tour guide, 1996, bartender dan waiter di Koki Loka Restourant Nusa Dua selama 8 bulan (1996-1997), Bartender di Nikko Bali Resort & Spa, 1997 -1998, di Ritz Carlton Hotel (2,5 bulan), Four Season Resort Bali (1998-1999), dan di Celebrity Cruise Line sebagai  bartender dan trainer (1999-2008).

Ia merintis bisnis exporter furniture bersama Mr. Allan Leo, seorang Canada. Ia pun merintis bisnis menjual tanaman hias, eksporter, dan agent tour Bali Tour Operational sejak 2005. Pengekspor 2006-2007 (Temple of the world); Direktur PT Ratu Oceania Raya Bali sejak Agustus 2008, dan salah satu owner Monarch School and Hotel Training Centre.

Sebelumnya, terinpirasi merambah pengalaman baru, 1 Desember 1999, Sudi meninggalkan Bali bersama temannya, Nyoman Dauh. Mereka bergabung ke Kapal Celebrity Zenit milik Apollo. Belakangan Sudi juga membuka pelatihan Bartender pada Mei 2008 dengan nama FBC (Flair Bartender Course) di Kuta Utara.

Prinsip bisnis yang dipegang teguh Sudi adalah kejujuran, kebersamaan, dan ide-ide yang membangun. Moto hidup, “Orang dibilang sukses bila telah membuat orang di sekitarnya sukses. Orang dibilang kaya bila telah membuat orang di sekitarnya kaya”. (dd)

Bagikan ke: