BRI Luncurkan Kartu Tani Di Jawa Tengah

Untuk meningkatkan akses petani terhadap layanan perbankan, Bank BRI meluncurkan Kartu Tani di Provinsi Jawa Tengah. Turut hadir dalam acara launching dan distribusi serentak Kartu Tani di 21 Kabupatan / Kota di Provinsi Jateng di antaranya Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam. Lokasi acara bertempat di Lapangan Olahraga Drh. Supardi, Mungkid, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, 12 Januari 2017.

Kartu tani

Kartu Tani adalah kartu identitas bagi petani yang sekaligus berfungsi sebagai kartu debit (ATM) yang diterbitkan oleh bank-bank BUMN seperti BRI, Mandiri, dan BNI yang berisi database petani. Data tersebut bersumber dari pemerintah daerah setempat yang terdiri atas data petani dengan system by name by address, data lahan, dan data komoditas. Sampai dengan medio Januari 2017, Bank BRI telah mendistribusikan Kartu Tani kepada 446.934 petani di wilayah Jateng. “Dengan Kartu Tani, petani akan mudah untuk mengakses jasa layanan perbankan baik simpanan maupun pinjaman, terutama KUR dan transaksi pembelian sarana produksi pertanian serta penjualan hasil panen yang cashless dan terintegrasi dalam satu sistem,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso.

Kartu Tani diklaim bisa menjadi solusi dalam pendistribusian pupuk bersubsidi di Jawa Tengah. Bank BRI berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem ini bagi para petani tidak hanya di Jawa Tengah tapi juga di seluruh Indonesia. Penyerahan Kartu Tani di Jawa Tengah ditargetkan akan selesai pada Februari 2017. (drajat)

Bagikan ke: