Atasi Kenaikan Harga BBM, Pemerintah Berikan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu

Foto : Istimewa.

Jakarta (Peluang) : Dengan total anggaran Rp 9,6 triliun, pemerintah akan memberikan subsidi gaji kepada 16 juta pekerja.   

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah kepada 16 pekerja dengan gaji maksimum sebesar Rp 3,5 juta per bulan. Bantuan subsidi upah ini diberikan sebesar Rp 600 ribu sebagai bentuk bantalan sosial pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

 “Presiden menginstruksikan kita untuk membantu 16 juta pekerja yang  gajinya Rp 3,5 juta per bulan, dan bantuannya sebesar Rp 600 ribu,” kata Sri Mulyani pada konferensi pers usai rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Untuk penyaluran subsidi upah ini, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp9,6 triliun. Sedangkan tehnik penyalurannya akan diterbitkan oleh Menteri Ketenagakerjaan.

 “Total anggaran subsidinya Rp 9,6 triliun, dan menakertrans segera terbitkan juknisnya sehingga bisa langsung dilakukan pembayaran kepada para pekerja,” ujar mantan menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Bantuan sosial disalurkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena adanya kenaikan harga akibat pengaruh global. “Diharapkan bantuan ini dapat mengurangi tekanan masyarakat dan mengurangi kemiskinan,”pungkas Menkeu. (S1).     

.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.