Anies Baswedan Dukung Djakarta Festival Digelar Tiap Tahun

Lama terkungkung oleh pandemi covid-19, dunia usaha mikro kecil dan menengah mulai kembali menggeliat. Kadin DKI Jakarta mengantisipasi kebangkitan pasar tersebut dengan menggelar Djakarta Festival pada 26-28 Agustus 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Acara berlangsung meriah diikuti sekitar 300 tenan para pelaku UMKM yang memenuhi 120 both yang disediakan panitia. Acara yang juga dalam rangkaian Rapimprov III Kadin DKI Jakarta, kata Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi merupakan upaya meningkatkan perekonomian khususnya bagi pelaku UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM). “Djakarta Festival 2022 merupakan ajang pameran dagang yang melibatkan pelaku UMKM dan IKM sehingga diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi, terutama  di DKI Jakarta,” ujarnya.

Selain tuan rumah, acara ikut dimeriahkan oleh Kadin dari  provinsi lain seperti Jawa Barat,  Gorontalo, Sulawesi Tenggara,  Sumatera Selatan, Kadin Banten, dan Riau. Diana menyebutkan seluruh peserta Djakarta Festival 2022 (JF22) tidak dikenakan biaya alias gratis, ini sebagai salah satu bentuk keberpihakan Kadin DKI Jakarta untuk mendorong percepatan pemulihan pelaku usaha setelah pandemi. Ia juga menegaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan dalam rangka pengembangan pasar ekspor bagi peserta JF22 yang terpilih. Diana berharap ajang ini dapat berkelanjutan dan tidak hanya sebatas pameran produk semata.

Apresiasi Gubernur

Saat menutup JF22, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Kadin DKI Jakarta yang telah menyelenggarakan Djakarta Festival 2022 secara gratis sehingga tidak membebankan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Apresiasi untuk Diana Dewi selaku Ketua Umum Kadin DKI Jakarta dan jajarannya. Djakarta Festival 2022 ini memberikan kesempatan kepada usaha kecil mikro untuk punya etalase menawarkan karyanya ke pasar,” ujar Anies.

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta mendukung inisisasi yang dilakukan Kadin DKI Jakarta dan sesuai dengan keinginan Diana Dewi, Anies juga berharap Djakarta Festival dapat digelar setiap tahun.

“Kami dukung Djakarta Festival dan Insya Allah bisa diselenggarakan setiap tahun nantinya,” kata Anies disambut tepuk tangan meriah pengunjung.   

Komentar senada juga disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsyad Rosyid yang setuju Djakarta Festival diadakan setiap tahun. Dia berharap Djakarta Festival masuk agenda DKI Jakarta untuk memfasilitasi UMKM menuju Indonesia Emas. 

Penutupan JF22 dimeriahkan dengan pentas musik penampilan Kahitna, Galba Lesmana dan DJ Closing. Hujan yang turun mengguyur tidak mengurangi antusias pengunjung untuk hadir hingga perhelatan tetap meriah ujar Uchy Hardiman Ketua Panitia Djakarta Festival. (Irm)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.