Ancaman Resesi Global, UMKM Malang Perkuat Kemitraan Garap Sektor Agraria

Peluang, Jakarta – Pemerintah Daerah (Pemda) Malang, optimis, adanya ancaman resesi global tidak membuat para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah Malang kesulitan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Dengan pengembangan kemitraan strategis, dan dengan memperkuat potensi agraria yang ada di Kabupaten Malang sehingga usaha perekonomian para UMKM tetap membaik.


Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan, Kabupaten Malang memiliki kondisi topografis dan geografis yang kompleks. Hal tersebut sekaligus menjadikan Kabupaten Malang sebagai salah satu wilayah dengan bentang alam serta potensi agraria yang begitu luar biasa.


“Hal ini tentunya sangat mendukung pembangunan sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Kabupaten Malang, yang di dalamnya mencakup tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura,” kata Sanusi, Senin dalam keterangannya, Senin (23/1/2023).

Dia menegaskan, komitmen Pemerintah Kabupaten Malang dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan, secara langsung juga telah memberikan dampak positif.


Dimana selama 8 tahun terakhir, Kabupaten Malang telah mengalami surplus pangan pada komoditas beras. Selain memenuhi kebutuhan konsumsi lokal, saat ini Kabupaten Malang juga telah berkontribusi terhadap pasar pangan internasional melalui ekspor komoditas buah pisang, alpukat, dan manggis.


“Selain itu, juga ada kopi, bawang merah, susu dan sayuran seperti kubis, cabai rawit,” tandas Sanusi. (alb)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *