Agustining Ayu, Salad Buah Buah Berkah Program OKE OCE 2018

Agustining Ayu-Foto: Dokumentasi Pribadi.

JAKARTA—Semangat menjadi wirausaha rupanya menjangkiti seorang ibu rumah tangga di Pramuka Jati, Paseban, Jakarta Pusat bernama Agustuning Ayu dua tahun lalu.  Dia pun mengikuti program pelatihan OKE OCE 2018 yang digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dari pelatihan itu, perempuan disapa Ayu itu memutuskan untuk memproduksi salad buah.

“Modal awal yang saya miliki kurang lebih 1 juta rupiah. Saya mulai memasarkannya melalui Instagram, Facebook, dan melalui Bazar UKM,” ucap Ayu kepada Peluang, melalui WhatsApp, Jumat (26/6/20).

Resep Salad buah kreasinya sendiri. Ada dua varian yang dibuatnya yaitu Original Toping Keju dan Toping Cokelat.

“Untuk Cup Kecil saya jual dengan harga Rp15.000 dan Cup Besar dengan harga Rp35.000,” kata dia.

Bisnis dengan brand Miss Veera ini  berkembang dengan baik. Nama Veera diambil dari anaknya, bernama Vira.

Seiring dengan berjalannya waktu, dia menemukan resep-resep snack yang lainnya juga. Untuk banyaknya produksi Salad Buah dalam waktu satu Bulan kurang lebih 150 cup namun itu belum termasuk dengan terima pesanan.

Omzet didapatkan kurang lebih Rp3 sampai 4 juta dalam sebulan. Masih kecil, namun membantunya menambah penghasilan rumah tangga.  

“Saya memasarkan Salad Buah Miss Veera melalui Instagram, Facebook, Whatsapp secara daring,” imbuh dia, seraya mengatakan menyediakan lapangan kerja untuk 2 orang karyawan perempuan.

Salad buah Miss Veera-Foto: Dokumentasi Pribadi.

Pada masa Pandemi Covid saat ini, produksi Salad Buah Miss Veera menjadi menurun karena jumlah pembeli dan orderan menjadi menurun pesat.  Namun Ayu  tetap memasarkan via Whatsapp.

“Ke depan, saya berharap dapat meningkatkan kembali usaha saya terutama Salad Buah dan meningkatkan kualitas dari produk-produ snack yang saya produksi,” tutup dia (Irvan Sjafari).

Bagikan ke: