Karamnya Titanic Megah (1912)

titanic

Bencana itu terjadi malam hari, 14-15 April 1912 di Samudra Atlantik Utara. Empat hari setelah pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, menuju New York City. Titanic, kapal super terbesar yang beroperasi pada masa itumenabrak gunung es pada pukul 23:40 (Minggu, 14 April), dan tenggelam dua jam 40 menit kemudian. Ini salah satu bencana maritim masa damai yang mematikan sepanjang sejarah.

Kapal sepanjang 883 kaki (setara dengan 2,5 kali lapangan sepak bola)—didesain arsitek asal Irlandia, William Piriemengalami benturan hebat. Sisi kanannya melengkungkan dan melubangi lima dari 16 kompartemennya. Kapal terbelah ketika tenggelam bersama seribu penumpangnya. Hampir semua yang melompat atau jatuh ke air meninggal akibat hipotermia dalam hitungan menit. Pasalnya, sekoci yang tersedia sangat sedikit, lagipula pelaksanaan evakuasi begitu buruk. Dari 2.224 penumpang dan awak kapal, hanya 306 jasad yang berhasil ditemukan, 700 penumpang selamat.

Seluruh fasilitas Titanic kelas premium. Antara lain, kebun teh, tempat fitness, perpustakaan, lapangan squash, tempat potong rambut, kandang anjing, elevator, ruangan untuk merokok, kolam renang yang dipanaskan. Sekelompok musisi bermain musik selama dua jam dan lima menit, saat kapal tersebut tenggelam. Penumpang terkaya yang menaiki Titanic adalah John Jacob Astor IV, dengan pundi-pundi mencapai $85 juta/Rp2 triliun ukuran sekarang.

Sebelum berlayar, RMS Titanic diklaim tak akan dapat tenggelam. Inilah kapal terbesar dan termegah yang pernah berlayar. Butuh waktu dua jam dan 40 menit sebelum kapal super mewah ini tenggelam ke dasar air. Saat itu, temperatur perairan hanya 28 derajat, 4 derajat lebih rendah dari titik beku. Bangkai Titanic menghilang selama 73 tahun. Pada 1985, bangkai kapal fantastis ini ditemukan di kedalaman 12,500 m di dasar perairan Newfoundland.

Diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dengan nama kapal naas itu, film ‘Titanic’ merajai puncak Box Office tahun 1991.(dd)

 

Bagikan ke: