19.000 Nelayan Sumut Terasuransi

nelayan sumut

Meski secara geografis Sumut berada di kawasan strategis, 252.000 nelayan hidup dengan kesejahteraan yang rendah. Padahal, Sumut kaya sumber daya ikan, Potensi perikanan tangkapnya 1,7 juta ton/tahun. “Anugerah ini harus dikelola dengan bijaksana. Mialnya saja, dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Dengan demikian, kekayaan alam dapat diwariskan kepada generasi mendatang,” kata Erry Nuradi, Gubernur Sumut.

Gubernur Erry menargetkan 19.000 nelayan tradisional masuk Program Asuransi Nelayan Terpadu (Paten) pada 2017 ini. Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) diberi kepercayaan untuk membantu menyosialisasikan peraturan dan program pemerintah. Misalnya, pemberantasan pencurian ikan oleh nelayam asing (illegal fishing), penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan, dan sosialisasi kartu nelayan Paten.

Ketua DPW PNTI Sumut, Adhan Nur, menyambut baik program tersebut. Program asuransi gratis memang sangat dibutuhkan nelayan tradisional yang perkonomiannya masih sangat rendah. Asuransi itu juga bisa membantu keluarga kalau ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada nelayan saat bekerja. Adhan tak lupa mengingatkan, masih banyak peraturan yang belum berjalan sebagaimana mestinya dan ini berdampak pada kehidupan nelayan.

Selain memasukkan dalam program asuransi, pemerintah juga terus akan meningkatkan perlindungan kepada nelayan. Dari pemerintah Pusat juga sudah membuat program pemberian kapal penangkap ikan bagi kelompok nelayan. Kebijakan ini tentu amat relevan dengan fakta Indonesia sebagai negeri baharim

Secara khusus diutarakan Adhan, nelayan Sumut masih membutuhkan perlindungan dari pemerintah dalam banyak hal. Di antaranya, menjaga persaingan sehat saat menangkap ikan di laut. Angka pencurian di laut harus ditekan sekecil mgkin dengan cara memberantas penggunaan alat tangkap yang dinyatakan terlarang. Pemerintah juga perlu melindungi nelayan dari bisnis tidak sehat yakni menekan harga jual hasil tangkap nelayan dan termasuk jeratan rentenir.‚óŹ(dd)

Bagikan ke:

3 thoughts on “19.000 Nelayan Sumut Terasuransi

  1. Thanks again for the blog.Really thank you! Keep writing.

  2. Thanks again for the post.Really thank you! Want more.

  3. Very neat post.Really thank you! Will read on…

Comments are closed.