1 Ton Shabu di Kapal Wanderlust

DITANGKAPNYA kapal Wanderlust mencengangkan dan memprihatinkan. Soalnya, kapal itu mengangkut sabu 1 ton. Menurut Menkeu Sri Mulyani, “Kapal Wanderlust telah menjadi target operasi di 4 negara selama 2 bulan,” tanpa merinci tiga negara lain yang juga ikut mengincar. Kapal Wanderlust ditangkap Tim Patroli Laut dari Bea Cukai di perairan Tanjung Berakit. Tim patroli laut Bea Cukai mengamankan isi kapal itu ke gudang tangkapan KPU Bea Cukai Tipe B Batam di Tanjung Uncang.

Kita juga tahu, BNN menyebut sudah 25 ton shabu dimasukkan ke Indonesia dari Cina. Jumlah yang sungguh fantastis. Jumlah itu, selain nilai ekonominya yang dahsyat, sesungguhnya amat potensial melumpuhkan satu generasi bangsa ini. Semacam genosida. Tapi, sejauh ini, tak ada reaksi yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak yang mestinya peduli—kecuali BNN.

Sampai kapan situasi liar ini dibiarkan? Lihatlah betapa dari penangkapan satu ke penangkapan lain jumlah barang haram itu jumlahnya makin bengkak? Lalu, jangan lupa, tambahkan dengan yang ‘diproduksi’ di dalam negeri.

 

Canissio Theodorus

Jakarta Pusat

Bagikan ke: