Wisuda Paket C Bagi Anak Anggota

DILIHAT dari sejarah kelahirannya sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat di lapis grassroot, kiprah Kopsyah BMI memang berbeda dengan koperasi sejenis yang umumnya menggenjot pemupukan modal. Koperasi yang sarat dengan aktivitas sosial ini  mengawali kiprahnya dengan mengembangkan berbagai pelatihan masyarakat, antara lain pelatihan budidaya tanaman cabai, rambutan, pembukuan keuangan bagi anggota yang ingin mengajukan pembiayaan produktif dan program  paket C.

Akhir Mei lalu, Kopsyah BMI kembali melepas atau mewisuda 250 siswa-siswi anak anggota yang selesai menempuh program Paket C. Para siswa tersebut berasal dari Tangerang dan Serang yang mengikuti proses di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yaitu 200 anak peserta pelajar Otista dan Melati dari PKBM Tangerang, 50 anak peserta pelajar Insan Madani dari PKBM Serang tahun ajaran 2016/2017.

Pelepasan dihadiri Presdir Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tangerang di Gedung Kitri Bakti, Curug, Kabupaten Tangerang,  Senin (22/5/17). Paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur pendidikan nonformal yang dapat diikuti oleh peserta didik yang ingin menyelesaikan pendidikan setara SMA/MA. Lulusan Program Paket C berhak mendapat ijazah dan diakui setara dengan ijazah SMA/MA serta memiliki keterampilan untuk bekerja dan mematuhi dunia usaha atau industri.

Dalam sambutannya, Kamaruddin mengatakan Kopsyah BMI selain menghimpun dan mengembangkann dana anggota juga melakukan aktivitas sosial. Salah satunya program  paket C untuk keluarga anggota koperasi yang kurang mampu.

“Ini adalah program keempat yang sudah kita laksanakan dengan total siswa-siswi yang sudah lulus sebanyak 1.750 orang,” ujarnya seraya menambahkan jumlah tersebut diharapkan meningkat di tahun mendatang.   (Ira)

Share This: