Winardi Cahya Nugraha, Pionir Bisnis Kue Yogurt

Winardi Cahya Nugraha dan istri-Foto: FB.

BANDUNG—Suatu hari pada perayaan hari ulang tahunnya pada 2014, Winardi Cahya Nugraha mendapatkan kejutan dari istrinya: Cheesecake. Hanya saja bahannya dari yogurt. Sang istri tahu bahwa suaminya dan dirinya memang penggemar cheesecake.

“Selesai acara, kami membagikan kue tersebut kepada sanak saudara kami. Banyak yang awalnya tidak menyukai cheesecake, karena terlalu gurih, terpiat  cake yang dibuat istri saya. Di sinilah awal mula idenya untuk kami mencoba menjual produk Yogurt Cheesecake,” ujar Winardi kepada Peluang, Jumat (14/8/20).

Tutur Winardi, istrinya belajar otodidak karena kerap membeli cheesecake di toko langanannya. Sayangnya, baru habis satu atau dua hari kemudian. Dari sana terpikir untuk membuat olahan cheesecake yang ada yang yogurtnya.

Modal untuk mendirikan bisnis ini Rp500 ribu. Kebetulan darah wirausaha mengalir dari ayahnya yang merupakan pengusaha resto dan pabrik sosis. Jadi ia sudah terbiasa berwirausaha. 

Nama YoiChiz terdiri dari tiga suku kata Yo mewakili yogust, Ichi adalah petama dan Chiz artinya keju.  Dari segi inovasi Winardi dan istrinya merupakan pionir kue yogurt.

YoiChiz memproduksi  beberapa varian, sepert  Velvet Cake yang paling digemari, Crown Cake, Brownies, Dessert Box, Cake in Cups dan Cake Ulang Tahun. Harganya bervariasi, Velvet Cake dan Crown Cake berkisar Rp60 ribu dan brownies Rp55 ribu.sementara kue ulang tahun dibandroll Rp120 ribuan.  Alumni  Jurusan Manajemen dari  Telkom University ini  juga menjual cake di cups seharga Rp14 ribu.

“Ramainya biasanya momen hari raya, baik Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru,” ungkap Winardi seraya mengatakan  Yoichiz diperkuat 8 karyawan.  Lokasi toko fisiknya berada di Setrasari, Bandung, namun dia juga memasarkan secara daring (online).

Pandemi Covid-19 cukup memukul usahanya hingga omzet berkurang 40 persen. Winardi mensiasatinya dengan mengeluarkan produk gimmick yang ramai di pasaran dan gencar promoso daring.  Dia akan meneruskan bisnis kuliner ini (Irvan Sjafari).                                                                                                                              

Share This: