Vaksinasi dan Investasi Kunci, Bank Dunia Proyeksi Ekonomi Global Tumbuh 4%

Ilustrasi-Foto: Gavi.

JAKARTA—Bank Dunia memproyeksi pertumbuhan ekonomi global mencapai 4% jika vaksinasi dilakukan di banyak negara selama 2021 ini.  Selain para pengambil kebijakan melakukan reformasi peningkatan investasi.

Dalam “Global Economic Prospects” Januari 2021, World Bank menampaikan walaupun ekonomi global bakal menggeliat setelah terkontraksi sebesar 4,3 persen pada 2020, pandemi telah merenggut banyak jiwa, menyeret banyak orang ke jurang kemiskinan, menekan aktivitas, serta memangkas pemasukan masyarakat dalam waktu yang lama.

Presiden Bank Dunia David Malpass menuturkan,untuk mendukung pemulihan ekonomi, otoritas juga perlu memfasilitasi sebuah siklus re-investasi yang mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan tidak bergantung pada utang pemerintah.

Ketika ekonomi global terlihat pulih secara lambat, para pemangku kepentingan menghadapi tantangan besar pada sektor kesehatan masyarakat, manajemen utang, kebijakan anggaran.

“Selain itu terdapat tantangan bank sentral, dan reformasi struktural, seiring dengan upaya untuk memastikan bahwa pemulihan global yang masih rapuh ini menjadi dasar pertumbuhan yang kuat,” kata David Malpass dalam keterangan resmi, Selasa (5/1/21).

Lanjut David, untuk mengatasi dampak pandemi dan investasi yang terkontraksi, diperlukan sebuah dorongan kuat untuk memperbaiki lingkungan bisnis, meningkatkan serapan tenaga kerja, fleksibilitas pasar, dan memperkuat transparansi serta pemerintahan.

Kontraksi aktivitas ekonomi global pada 2020 diperkirakan lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya, terutama karena penurunan ekonomi di negara maju tidak terlalu dalam dan ekonomi China yang pulih lebih cepat.

“Sebaliknya, gangguan pada aktivitas ekonomi di beberapa negara emerging market dan negara berkembang lebih parah dibandingkan dengan perkiraan,” tutup dia.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *