Usia 13 Tahun, LPDB KUMKM Lakukan Banyak Terobosan Penyaluran Pembiayaan

JAKARTA-–Selama 13 tahun keberadaannya, Lembaga Pengelola Dana Bergilir (LPDB KUMKM) secara akumulasi telah menyalurkan pinjaman/pembiayaan sebesar Rp9,3 triliun kepada lebih dari 4.331 mitra.

LPDB dengan para mitranya mempunyai end user sebanyak 1.019.273 UMKM dan menyerap 1.857.252 tenaga kerja di seluruh Indonesia.

Tahun 2019 ini, LPDB menargetkan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,5 triliun. Hingga akhir Agustus 2019, LPDB telah menyalurkan sekitar Rp799,1 miliar.

Direktur Utama LPDB KUMKM Braman Setyo mengatakan, selama 13 tahun LPDB telah melakukan banyak terobosan sebagai upaya meningkatkan penyaluran ke koperasi dan UKM di Indonesia. Di antaranya, bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM di seluruh Indonesia.

“Kami juga melakukan kerja sama dengan lembaga penjamin seperti Jamrida/Jamkrindo/Askrindo, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dana Bergulir dan perusahaan teknologi keuangan (fintech),” kata Braman, saat acara puncak Perayaan Hari Ulang Tahun LPDB-KUMKM yang ke-13” dengan tema “Better Legacy for Better Future”, di Ancol, Jakarta, Sabtu (31/8/19).

Lanjut Braman, sebagai lembaga yang diberi amanah oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk menyalurkan pinjaman/pembiayaan dana bergulir,  LPDB membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak dan stakeholder sebagai mitra strategis dalam upaya mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

LPDB-KUMKM juga beker jasama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Marilah kita wujudkan rasa syukur kita dalam menyambut usia ke-13 tahun dengan semangat LPDB EPIC!!Excellence! Profesionalism! Integrity! Customer Focus! Synergy!,” ujar Braman.

Sementara, Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga dalam sambutan tertulisnya mengatakan, bahwa LPDB – KUMKM harus benar-benar meningkatkan kualitasnya. Menurutnya, di usia yang ke-13 itu adalah usia yang memasuki usia matang.

“LPDB harus benar-benar memberikan sumbangsih yang lebih besar terhadap kemajuan pelaku UMKM. Dengan begitu diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” pesan Puspayoga.

Dia berharap melalui kredit yang disalurkan tersebut nantinya bisa mendorong pelaku UMKM dapat naik kelas. Bermodalkan dana bergulir yang diterimanya, Puspayoga berharap daya saing UMKM semakin meningkat dan dapat bersaing di pasar global.

Acara juga dihadiri Deputi bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Rulli Nuryanto, Dirut LPDB KUMKM periode 2007-2010 Fadjar Sofyan, para Direksi LPDB KUMKM, Dekopin, Jamkrindo, Askrindo Syariah, BRI, BNI, Bank Mandiri, para karyawan dan para mitra LPDB KUMKM lainnya.

Dalam rangkaian acara HUT ini, telah dilakukan berbagai acara kreatifitas, aktivitas seni, sosial dan ajang silahturahmi dari seluruh pihak, antara lain: perlombaan antar Direktorat, Focus Group Discussion (FGD), Fun Walk pada area Car Free Day, Pelatihan dan Pengembangan Diri Pegawai, sampai dengan acara puncak yaitu Family Gathering yang berlangsung pada hari ini.

Share This: