Upah Urutan 7 di ASEAN

Struktur upah buruh di negeri sendiri memang tak kompetitif. Sudahlah susah dapatkerjaan, murah pula bayarannya. Duh…

urutan 7

Di pengujung 2015 ini, buruh di berbagai kota dan kabupaten terus berdemo menuntut kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten. Bukan besarannya saja yang diperjuangkan buruh, namun juga mekanisme kenaikannya.

TerbitnyaPP No. 78 tahuninimengatur ulang penentuan kenaikan upah. Dalam peraturan yang ditentang kaum buruh itu, tripartit—antara perwakilan buruh (Serikat Pekerja), pengusaha/Apindo dan pemerintah—dihilangkan. Kenaikan buruh langsung ditentukan sepihak oleh pemerintah. Komponen Hidup Layak (KHL) yang selama ini menjadi acuan digantidengan tingkat kenaikan inflasi plus angka pertumbuhan ekonomi. Sistem ini jelas-jelas sangat merugikan buruh.

Berikut ini peringkat gaji rata-rata perbulan pekerja di Kawasan ASEAN tahun 2015 yang dikutip dari Numbeo.com:

Nmor1. Singapura. Negara pulau kaya raya ini belum tergusur dari ranking pertama dengan penghasilan rata-rata perbulan US$3.010,12. Di urutankedua,

Brunei Darusalam. Buruh di negara yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara ini memperoleh rata-rata US$1.121,65/bulan. Wajar jika penduduk Indonesia di Pulau Kalimantan sering merasa iri.Posisiketiga, Malaysia.Negara yang pada tahun 70an masih mengimpor guru sekolah dari Indonesia gajiburuhnyaUS$800,15/bulan

Peringkatempat, Myanmar.Negara setengah demokrasi, negara para biksu yang masih dipimpin junta militer ini,pendapatan buruhnyaUS$417,04/bulan.Kelima, Thailand.Negeri gajah putih yang menjadi sentra otomotif Jepang di kawasan ASEAN, yang pabrik-pabrik otomotifnya lebih besar dari Indonesia, bercokol di posisi 5 dengan rata-rata pendapatan buruhnya US$381.16. Keenam, Filipina.Nah, negara di utara Pulau Sulawesi ini menggajiburuhnyaUS$314,19/bulan.

Di posisiketujuh, Indonesia.Bumi pertiwi dengan upahburuhUS$291,88/bulan. Ironisnya, inilah pendapatan yang diperolehburuh di negara yang kaya dengan potensi alam.Tiganegaraberikut: Vietnam (8). Negara yang pada tahun 70-an terjebak perang saudara dan daerah perebutan pengaruh antara komunis vs. liberalitukinipendapatan buruhnya US$242,57/bulan; Laos (9).Negara di kaki Pegunungan Himalaya dan tak ada sejengkal tanahnya pun bersentuhan dengan lautdi posisi ke 9 dengan US$181,30/bulan; danKamboja (10).Negara yang juga pernah hancur akibat perang saudara membayarburuhnya US$180,36/bulan.(nay)

Share This: