Untuk Kompensasi Pelanggan Korban Padamnya Listrik, PLN Siapkan Rp865 Miliar

Ilustrasi-Foto: Tirto

JAKARTA—PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyiapkan dana Rp865 miliar sebagai kompensasi  kepada  sekitar 20 juta pelanggannya atas padamnya listrik di beberapa daerah di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Direktur PLN regional Jawa Bagian Barat (JBB) Aryanto WS mengatakan, besaran kompensasi tersebut dihitung berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.27/2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait Dengan Penyaluran Tenaga Listrik Oleh PT PLN (Persero).

“Kompensasi akan kami berikan kepada tagihan konsumen bulan Agustus yang dibayarkan pada September,” ungkap Aryanto di Kementerian Perdagangan, Selasa (6/8/19).

Aryanto mengatakan, kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan yang dikenakan penyesuaian tarif.

Sementara itu, untuk konsumen dengan golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif, akan diberikan kompensasi 20% dari biaya beban atau rekening minimum. 

“Biaya kompensasi tersebut akan berasal dari kas perusahaan PLN,”  ujar Aryanto lagi.

Sebagai catatan Permen ESDM No.27/2017, PLN wajib memberikan laporan kepada pemerintah atas proses ganti rugi konsumen maksimal tiga bulan sekali.

Share This:

You may also like...