Universitas Serang Raya, Universitas Kebanggaan Provinsi Banten  

Dalam tempo sewindu, PTS ini tumbuh menjadi institusi pendidikan swasta terkemuka di wilayahnya.

 

Berdiri pada 2008, Universitas Serang Raya (Unsera) lahir sebagai penggabungan dua perguruan tinggi: STMIK Serang dan STIE Serang. Keduanya di bawah naungan Yayasan Pendidikan Informatika/YPI. Dengan infrastruktur kampus yang memadai—di Jalan Raya Serang, Taman Drangong Serang, Kec. Serang, Banten—proses belajar mengajar terfasilitasi untuk Fakultas Ilmu-ilmu Eksakta (Teknik/2 prodi, Teknologi Informasi/3 prodi), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik/2 prodi, Fakultas Ekonomi/2 prodi, dan Program Vokasi Diploma/5 prodi.

wisuda univ serang

Kiprah perguruan tinggi ini dirintis sebagai program kursus komputer pada 1989. Tahun 1995, statusnya resmi menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Serang, penyelenggara jenjang program Diploma (DI, DII dan DIII) dengan program studi Manajemen Informatika (MI). Berselang enam tahun, pada 2001, menyusul lahir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dengan rumpun disiplin ilmu ekonomi.

Di kampus milik sendiri di lokasi nan strategis, Unsera memiliki ruang kuliah yang representatif; Perpustakaan Digital; Laboratorium Riset; Lab Komputer; Lab Bahasa; Lab Teknik; Lab Ilmu Sosial; Taman Pintar (Kampus Drangong); Studio Gambar. Sarana umum tersedia berupa masjid, Bank BRI Syariah; Bank Bukopin; ATM BRI, Bukopin, dan BNI. Wajar jika Unsera dianggap sebuah perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Banten, yang kini dicanangkan menjadi salah satu Universitas Riset.

Tahun lalu, 27 Februari, di Kuala Lumpur, ditandatangani kerja sama dengan Universitas Malaya. Cakupannya antara lain pertukaran mahasiswa, tenaga pengajar, riset bersama, dan student mobility. Pembelajaran dua semester mahasiswa Unsera di UM segera bisa diwujudkan. Kerjasama luar negeri juga digalang dengan Khon Kaen University/KKU Thailand, untuk proram S2 dan S3; pertukaran mahasiswa dengan KKU, UM dan Universiti Sains Malaysia/USM, short course peningkatan kompetensi, pertukaran budaya antarnegara; joint research dengan perguruan tinggi mitra.

Sebagai lembaga pendidikan yang relatif muda, dengan prodi terakreditasi di BAN-PT, di sini bibit-bibit kewirausahaan dikembangkan melalui pembinaan dan pemberian modal. Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi disediakan oleh YPI, selain beasiswa pemerintah/Bidikmisi yang mencakup biaya kuliah dan living cost. Secara nasional, Unsera menempati urutan ke-244 dari 318 kampus se-Indonesia versi 4icu tahun 2012. Adapun 4ICU adalah sebuah direktori yang menilai kepopuleran universitas dilihat dari sisi website resmi universitas tersebut.

Share This:

You may also like...