UBAH JOB SEEKER JADI JOB CREATOR

MENJADIKAN Kota Malang sebagai kota paling kreatif di Jawa Timur, itulah target terdekat Mochamad Anton. Salah satu ide kreatif  Walikota Malang ini adalah mengecat sejumlah kampung di wilayahnya, seperti Kampung Putih di Klojen, Kampung  Biru Arema di Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, atau kampung warna warni Jodipan yang semuanya terletak di tengah kota Malang.

Pengecatan kampung-kampung tematik itu selain dapat menyerap arus wisata juga menyasar pada peningkatan produktivitas masyarakat  yang dapat mengerek perekonomian mereka. “Ini adalah salah satu strategi membangun ekonomi kreatif Kota Malang, yang kita mulai dari penataan kampung-kampung tematik,” kata Anton saat menjadi pembicara dalam Malang Business Forum Festival yang berlangsung di Gedung smesco INDONESIA, Sabtu (9/12/2017).

Salah satu hasil positif dari pengecatan kampung-kampung tersebut, lanjut mantan sopir angkot dan Ketua RW ini, mampu mengubah pola hidup masyarakat. Mereka pun lebih berdaya guna. Begitu kampung ini menjadi destinasi wisata, banyak warga datang, masyarakat dapat membuat usaha kecil-kecilan, seperti berjualan kue, oleh-oleh atau lainnya. “Intinya, Kota Malang Kreatif ini akan memacu pertumbuhan dunia usaha, di mana mindset kaum muda yang semula hanya  job seeker (pencari kerja) berubah menjadi pencipta lapangan kerja (job creator),” pungkas Anton.  (Yun)

Share This:

You may also like...