Tumpahan Minyak BP, Teluk Meksiko (2010)

teluk meksiko

Bocoran minyak Deepwater Horizon (atau Bocoran minyak BP) adalah bocoran minyak di Teluk Meksiko, akhir Mei/awal Juni 2010. Tanggal 20 April, sejumlah gas keluar dari sumur dan meledak. Sebagian besar pegawai anjungan dievakuasi dengan perahu dan helikopter. Tanggal 22 April, minyak bumi mulai keluar. Sebelas pekeria tewas di tempat. Seperti petaka semburan gas Lapondo, tumpahan minyak ini berakibat kerugian dan kerusakan yang dahsyat.

Tumpahan minyak di Teluk Meksiko itu meluas mendekati pantai negara bagian Florida, pada posisi hanya 11 km dari garis pantai. Gambar-gambar satelit menunjukkan bentangan tumpahan minyak hampir sebesar negara bagian Maryland, ≥24.000 km². Tumpahan melebar ke pantai Lousiana, Alabama dan Mississippi. Tak sedikit ditemukan burung, ikan dan hewan air lainnya mati mengenaskan. “Kebocoran minyak ini bencana yang sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Presiden AS Barack Obama.

Deepwater Horizon adalah anjungan lepas pantai yang berusia 9 tahun. Anjungan ini dibangun oleh Hyundai Heavy Industries. Sumber minyak berasal dari dasar laut 10,000 feet (3,000 m) di bawah permukaan. Pencemaran laut yang berlangsung hingga lima bulan ini menyebabkan malapetaka lingkungan.

Habitat binatang laut rusak parah. Pelikan coklat yang dijuluki “si burung anggun” bertelur di pesisir pulaupulau kecil di perairan Teluk Meksiko. Burung itu terancam mati karena memakan ikan yang tercemar. Begitu juga kura-kura, katak, buaya, paus, lumba-lumba, manatee, tuna, hiu, kakap, dan tiram terancam mati jika minyak tidak dibersihkan. Aneka atwa tersebut menghuni 1.700 pulau di Teluk Meksiko wilayah Florida.

Selain minyak menutupi muka laut, gumpalan minyak mengandung aspal mencemari tengah hingga dasar laut. Semakin banyak biota laut terancam. Bakteri, plankton, cacing, dan biota kecil lain menyerap minyak. Mereka dimakan ikan kecil, kepiting, dan udang yang juga dimakan hewan laut yang lebih besar. Padang terumbu karang juga ikut hancur. (dd)

Share This:

You may also like...