Tumbuh Paska Relokasi

Lokasi strategis merupakan faktor penting dalam mengakselerasi pengembangan usaha. Hal ini sudah dibuktikan KSP SB Cabang Rajawali.

Sebagai lembaga yang menjalankan misi ekonomi dan sosial, koperasi menempatkan anggota dalam posisi penting. Hal itu terlihat dari berdaulatnya anggota dalam setiap Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hal ini berbeda dengan korporasi yang dikendalikan oleh pemegang saham terbesar. Semakin banyak jumlah anggota yang bergabung dalam koperasi merepresentasikan tingkat kepercayaan masyarakat.
Untuk meningkatkan kepercayaan anggota dan menumbuhkembangkan usaha ada beragam cara dapat ditempuh. Salah satunya adalah merelokasi tempat usaha. Hal ini dialami oleh KSP SB Cabang Rajawali yang sebelumnya berkantor di Jalan Garuda No.57 Bandung. Perpindahan ini bukan karena di lokasi lama tidak dipercaya masyarakat, tetapi lebih disebabkan untuk memacu pertumbuhan usaha secara lebih cepat.
Seperti diketahui salah satu faktor penting dalam menunjang pengembangan usaha adalah lokasi. Jalan Rajawali dinilai lebih strategis, baik dari akses maupun lingkungan usahanya. Sehingga lebih mudah dalam mengakselerasi usaha KSP SB.
Adalah Debby Debora S, selaku Branch Manager KSP SB Cabang Rajawali yang berperan besar dalam mendongkrak kinerja cabangnya. “Untuk menjaga kekompakan tim, kami selalu menekankan rasa kebersamaan,” ujar Debby.
Kini Cabang ini menempati kantor di Jl. Rajawali Timur No 251B.251C Bandung. Setelah pindah Cabang Rajawali merupakan organisasi yang pertumbuhannya cukup pesat. Saat ini terdapat 14 Area Manager (AM) dan 143 Financial Advisor (FA) dengan jumlah anggota lebih dari 2.000 orang.
Menurut Debby semangat kebersamaan akan tetap dipertahankan untuk lebih memajukan usaha koperasi. Cara ini dinilai cukup ampuh karena terbukti mampu mendongkrak bisnis Cabang Rajawali.
Saat ini total asetnya sebesar Rp 109 juta dengan simpanan sebesar Rp 1,25 miliar. Sedangkan pinjaman sebesar Rp 482,10 juta dari 243 orang peminjam. Pencapaian kinerja ini akan terus digenjot seiring dengan semakin dipercayanya KSP SB Cabang Rajawali oleh masyarakat.
Perkembangan usaha juga diiringi dengan pengelolaan pinjaman yang berkualitas. Hal ini terlihat dari rendahnya angka kredit bermasalah di bawah 3%. Sehingga sesuai dengan spirit untuk menciptakan pinjaman sehat dan berkualitas. Ujung-ujungnya adalah tercapainya kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Share This:

You may also like...