Transformasi  Bisnis Zenkyoren

Zenkyoren merupakan koperasi terbesar kelima di dunia dengan fokus usaha di bidang asuransi dan portfolio keuangan.

Zenkyoren merupakan bagian dari Japan Agricultural (JA) Group, holding koperasi agribisnis terbesar di Jepang. Zenkyoren yang didirikan pada 1951 memiliki bisnis inti di bidang asuransi jiwa dan asuransi umum serta pengelolaan portfolio di pasar keuangan. Selain beroperasi di dalam negeri, koperasi asuransi ini telah melebarkan sayap di Amerika Serikat dan Eropa.

Dengan dukungan anggota JA Group yang sebesar 10,3 juta orang, bisnis Zenkyoren terus meningkat. Sampai akhir 2016, total aset Zenkyoren sebesar 57,77 triliun yen, naik dibanding 2015 sebesar 55,84 triliun yen. Pendapatan senilai 7,11 triliun yen dan laba bersih mencapai 86 miliar yen.

Sebagai bagian dari JA Group, usaha Zenkyoren sejalan dengan visi dan misi koperasi induk. Ini terlihat dari slogannya yaitu “Mendukung Pertanian Perdesaan dan Mata Pencaharian Dengan Semangat Saling Menolong”. Semangat itu diwujudkan dalam program transformasi yang antara lain memperkuat saluran promosi dan distribusi serta melakukan inovasi untuk  meningkatkan pendapatan komunitas petani.

Seperti diketahui selama ini, Jepang merupakan negara yang dikenal sangat maju dalam teknologi pertanian. Alhasil, tidaklah mengherankan pertanian menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Negeri Sakura tersebut. Pemerintahnya pun sangat serius memajukan sektor tersebut seperti terlihat dalam kebijakan transformasi pertanian. Pada November 2016, pemerintah merevisi kebijakan untuk menggenjot sektor pertanian, kehutanan, kelautan, dan industri pangan. Targetnya, dapat mengekspor produk dari sektor tersebut sebesar 1 triliun yen.

Besarnya skala usaha yang dikelola menjadi dasar International Co-operative Alliance (ICA) untuk menetapkan Zenkyoren sebagai salah satu koperasi terbesar dunia. Asuransi koperasi dari negeri Matahari Terbit ini menduduki posisi terbesar kelima.

Share This:

You may also like...