Tips Menjadi Tenaga Marketing Handal

Setiap ada kesempatan, di situ ada peluang anda jadi tenaga marketing. Anda perlu menampilkan kesan terbaik anda dalam 5 detik pertama. Perkenalan diri dengan elegan. Tampil  menarik. Gunakan bahasa yang memikat, antusias tapi terkendali.

SEBENARNYA ide ini sudah sering diutarakan para pakar marketing. Hanya saja tidak banyak di antara kita yang memahaminya dengan baik. Padahal, menjadi seorang marketing yang handal merupakan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam setiap perjuangan hidup menuju kesuksesan. Sharing berikut ini disajikan berdasarkan rekomendasi para pakar marketing:

 

Lakukan hal berkesan dalam 5 detik pertama. Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana bakal bertemu calon klien. Dalam marketing, setiap ada kesempatan di situ ada peluang anda menjadi marketing. Maka, anda perlu menampilkan kesan terbaik anda dalam 5 detik pertama. Perkenalan diri dengan elegan. Tampil  menarik. Gunakan bahasa yang memikat, antusias tapi terkendali. Ini akan memberi keyakinan kepada klien baru anda bahwa produk yang anda tawarkan berkualitas.

 

Pelajari dan kuasai product knowledge. Tenaga marketing yang handal tahu persis seluk beluk produk yang ditawarkannya. Kenali keunggulan, kualitas, kekurangan, target pasar produk anda dengan teliti sebelum melakukan presentasi misi marketing. Sebab, jika seorang penjual tidak paham produk yang dijualnya, bagaimana dia bisa menjawab pertanyaan konsumen?

 

Konsisten. Konsisten itu senjata wajib bagi tenaga marketing. Banyak yang gagal di tengah jalan karena mereka tidak bisa konsisten Patah semangat dan tumbang karena omongan miring orang lain tentang dirinya.

 

Jangan mudah puas dengan capaian awal. Penyakit seorang tenaga marketing adalah cepat puas dengan hasil awal yang besar. Hindari sikap itu. Rumusnya, semakin anda berusaha akan semakin besar peluang sukses anda. Toh kita tidak pernah tahu kapan kita akan kesulitan. Oleh sebab itu, bersyukur dan terus berusaha, berjuang sampai impian besar anda terwujud. Dengan saving yang cukup, di masa tua anda mudah-mudahan tinggal menikmati hasilnya.

 

Ciptakan antusiasme. Ketika anda berusaha untuk tetap antusias, anda akan paham bahwa sukses bukan benar-benar butuh tindakan. Langkah nyata. Anda perlu membuat sebuah keputusan besar. Dengan memutuskan bahwa anda harus sukses (teori), lakukan hal yang mengantarkan anda menuju sukses melalui aksi nyata (praktik).

 

Keluar dari zona nyaman. Jangan larut dalam zona nyaman, yang hanya membuat anda jalan di tempat. Berusahalah keluar dari zona nyaman. Bukankah lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa tua? Bukankah lebih bagus sakit berjuang di masa muda daripada sakit berjuang di hari tua—ketika seharusnya anda menikmati hasil usaha semasa muda?

 

Catat dan simpan testimonial konsumen. Setiap kali konsumen anda memberi laporan ataupun testimoni tentang keunggulan produk anda, catatlah dan simpan itu baik-baik. Itu bisa menjadi bukti kelebihan atau keunggulan produk anda untuk ditunjukkan kepada calon konsumen anda. Begitu juga sebaliknya. Catat kelemahan produk kita, dan sampaikan ke perusahaan untuk menentukan solusinya.

 

Anda hidup di dunia nyata. Dunia marketing adalah dunia yang sarat-ketat dengan persaingan. Anda perlu memiliki mental yang hebat dan tanggiuh dari berbagai terpaan godaan di dunia ini. Profesi marketing adalah keahlian nyata yang dibutuhkan di hampir semua bidang, meski terkadang anda kurang menyadarinya.●(Nay)

Share This:

You may also like...