TEROBOSAN BARU DI ERA DIGITAL

indonesia@acces

Pada dasarnya peluang bisnis dapat diperoleh dari berbagai sektor industri. Ide-ide kreatif bisa lahir dan dimanfaatkan untuk melahirkan terobosan-terobosan yang andal. Berbagai permasalah di lapangan alih-alih  jadi  kendala,  justru motivasi  kinerja untuk mencapai target yang akan diraih. Dan Indonesia @access menjawab tantangan itu, melalui PT Valdi Investama yang di komandoi  Reza Valdo Maspaitella President Direktur sekaligus CEO  membuka ruang publik yang dihadiri oleh pemerintah, para pelaku usaha, perusahaan consumer goods, UMKM,  komunitas serta media dalam acara  Forum Group  (FGD) Discussion  di ruang Harvest,  gedung Veteran, Jakarta beberapa waktu lalu.

Produk Indonesia @access yang akan diluncurkan pada bulan Agustus 2016 merupakan solusi dan terobosan penting sebagai one stop platform digital, yang secara khusus mewadahi dan menjadi jembatan para  pelaku pasar, comsumer goods,  logistics transportation,   pemerintah,   UMKM dan koperasi (petani,nelayan,pengrajin,pedagang, home industri) di seluruh Indonesia dengan komoditi lokal dan internasional secara langsung. Selain itu Indonesia@ccess merupakan one stop market place untuk para stakeholder dalam informasi pencarian komoditi dari para konsumen lokal Indonesia.

Platform digital  ini  merupakan one stop Platform yang menyambung mata rantai nilai (value chain) dari para produsen ke para pedagang maupun dari produsen langsung kepada para konsumen yang terpadu dengan system logistics maupun pembayaran secara online.

Reza mengungkapkan untuk menjawab bagaimana cara  mengatasi kendala karena faktor sumber daya manusia dan geografis di seluruh wilayah Indonesia yang berbeda –beda, dilakukan  pemetaan permasalahan yang ada di seluruh wilayah 34 provinsi di Indonesia.  Sebagai daerah percontohan dia  memilih kota  Ambon dan Provinsi  Jawa Barat. Alasannya,  masyarakat Ambon di dua wilayah Maluku  merupakan wilayah di ujung timur Indonesia sekaligus daerah yang  menggambarkan mini archipelago Indonesia.  Sedangkan wilayah Jawa Barat  karena geografis serta  tumbuhnya berbagai  asosiasi,  komunitas dari berbagai profesi atau pekerjaan  yang beraneka ragam diantaranya UMKM dan koperasi.   Pemilihan dua  wilayah itu, lanjut Reza, berguna  untuk jadi embrio  dalam  membangun kesadaran masyarakat Indonesia guna  meningkatkan kesejahteraan  perekonomian keluarga. “Diharapkan melalui Indonesia@access  bisa ikut berperan serta dalam  membangun dan melaksanakan pemberdayaan masyarakat Indonesia,” ungkap  Reza yang  juga menjabat sebagai  Wakil Ketua KOMTAP investasi dalam negeri KADIN.

Selain itu tim verifikasi Indonesia@acces melakukan pemetaan berdasarkan permasalahan yang pada umumnya terjadi pada dua wilayah percontohan Ambon dan Jawa Barat misalnya letak geografis, hasil komoditi  terbesar daerah setempat, profesi atau pekerjaan masyarakat  pada umumnya,  aspek  budaya  yang  mempengaruhi kehidupan pada masyarakat serta  kebiasaan   masyarakat  setempat.

Reza menuturkan masyarakat ambon di dua wilayah Maluku merupakan penghasil komoditas terbesar buah pala di Indonesia. Kemudian tim verifikasi Indonesia@ccess melibatkan  peran serta para ibu di wilayah tersebut untuk  pemberdayaan masyarakat  dengan mengumpulkan hasil buah pala . Melalui  UMKM atau pengusaha industri rumahan ( homemade)  buah pala dapat dijadikan minuman segar  yaitu juice buah pala. Guna memenuhi kebutuhan akan persediaan bahan baku juice  buah pala  yang besar dilibatkan juga koperasi.

“Saat ini juice buah pala kemasan  dapat kita temui di hotel – hotel  salah satu nya berasal dari Ambon sebagai  penghasil terbesar komoditi buah pala di Indonesia. Semoga semangat  Indonesia@ccess dalam membangun dan berkomitmen untuk ikut mensejahterakan perekonomian dan kemajuan para produsen lokal dan memberikan keuntungan kepada perusahaan distributor dalam negeri kita dengan memanfaatkan teknologi digital  demi tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat ,” optimis  Reza. (Novia HS)

Share This:

Next Post

ARK Logistics & Transportation : Dukung Progam Pemerintah dalam Meningkatkan Kompetensi Logistik Nasional.

Rab Agu 3 , 2016
ARK Logistics & Transportation membangun gudang seluas 35.000 m2 di Cibatu, Bekasi untuk menunjukan komitmennya dalam meningkatkan industri logistik dan investasi.  Menurut CEO ARK Group Abdul Rahim Tahir Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan industri logistik dan transportasi yang pesat. Salah satu pemicu pertumbuhan yang signifikan ini adalah adanya […]