Tata Tarif Transportasi Online

tarif trans online

Sejak 1 April lalu, angkutan berbasis online tak lagi murah. Seorang dokter muda tiba-tiba harus membayar Go-Jek Rp 67.000 untuk araknya 15,5 km pada jam sibuk. Itu setara biaya taksi konvensional. Padahal, biasanya, ia merogoh dompet tak sampai Rp30.000. Apa pasal? Pemerintah tengah menata ulang berbagai aspek. Permenhub No. 32/2016 direvisi. Menhub Budi Karya Sumadi menyebut 11 poin.

Ke-11 poin yang direvisi mencakup: jenis angkutan sewa, kapasitas silinder kendaraan, batas tarif angkutan sewa khusus, kuota jumlah angkutan sewa khusus, kewajiban STNK berbadan hukum, pengujian berkala, pool, bengkel, pajak, akses dashboard, dan pengenaan sanksi. Berlaku efektif 1 April 2017, meskipun dalam pelaksanaannya diberi waktu untuk melakukan penyesuaian.

Terkait tarif atas dan bawah, rencananya, akan ditentukan oleh Pemerintah Daerah setempat. Untuk ini, perlu ditampung aspirasi operator taksi, pengusaha angkutan kota, dan mitra pengemudi taksi online. Selain tarif, Pemda juga akan punya kewenangan menentukan kuota mobil transportasi online.

Dari 11 poin perubahan dan penambahan dalam revisi Permenhub No. 32/2016, tiga poin ditolak Grab, Uber, dan Go-Jek. Yaitu batasan tarif atas-bawah, kuota, dan kewajiban balik nama STNK mobil ke atas nama badan usaha atau koperasi. Menurut ketiga perusahaan angkutan berbasis online itu, “Ini sangat tidak adil dan sangat bertentangan dengan prinsip koperasi.”

Perusahaan Go-Jek, Uber dan Grab bakal mengalami kenaikan tarif yang akan dikenakan ke penumpang. Menurut BPS, ini merupakan awal dari keadilan tarif transportasi. Kesetaraan antara sesama pengusaha akan terkondisi, di samping memberi kepastian terhadap pengguna angkutan online

Implikasi lebih jauh, Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi penyesuaian tarif ini berimbas pada inflasi. Khususnya dari kelompok pengeluaran yakni komponen transportasi. Padahal, pada bulan Maret, komponen transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mengalami deflasi sebesar 0,13%.●(dd)

 

Share This: