Tarif Tiket Pesawat Domestik Turun Paling Cepat Awal Juli

Ilustrasi-Foto: Bisnis.com

JAKARTA—-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan tarif tiket pesawat penerbangan domestik paling cepat diberlakukan pada Senin (1/7) atau pekan depan.

Menurut Darmin pihak maskapai wajib memberikan laporan kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Laporan itu memuat keterangan detail mengenai rencana penurunan tarif tiket pesawat.

“Rutenya ke mana saja, tarifnya sekian,” kata Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu (26/6). 

Darmin menuturkan pemerintah memberikan kebebasan kepada maskapai untuk menentukan waktu penerbangan yang akan mendapatkan penurunan tarif tiket. Begitupun dengan rute penerbangan apa saja yang dapat diberlakukan tarif lebih murah. 

“Penurunan tarif tersebut harus bersifat jangka panjang atau tidak bisa sekadar melalui promo yang sementara. Harus terus, tidak bisa hanya sekali saja,” ujar Darmin.  

Dikatakannya, pemerintah juga memberikan keleluasaan kepada maskapai dengan tidak mewajibkan seluruh kursi mendapatkan potongan harga.

Darmin mencotohkanl, dari 100 persen kursi dalam pesawat, hanya 50 sampai 60 persen kursi yang memungkinkan untuk ‘dipotong’ tarifnya. 

Pada pekan lalu, pemerintah menegaskan kepada maskapai untuk menurunkan tarif tiket pesawat LCC domestik dengan waktu tertentu. Kebijakan ini akan diserahkan murni ke maskapai dengan tetap melapor kepada pemerintah untuk dievaluasi. 

Share This:

You may also like...