Susi Benamkan 70 Kapal Lagi

Bulan ini, positif bakal berlanjut penenggelaman 70 kapal pencuri ikan. Jumlahnya bisa saja bertambah. “Memang direncanakan Maret; tapi kegiatan kenegaraan sedang padat. Ada kunjungan Raja Salman, KTT IORA, jadi dimundurkan ke April. Armabar kemarin baru tangkap lagi. Nah, itu kita akan proses,” ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda Achmad Taufiqoerrochman.

Susi

Ke-70 kapal maling ikan itu sudah inkracht. Mereka ditangkap baik di wilayah Timur, Tengah, maupun Barat, sejak awal tahun. Itulah hasil kerja tim gabungan TNI AL, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Bakamla, dan Polri.

Eksekusi menunggu arahan dari Satgas 115 dan KKP. Kapal-kapal yang akan ditenggelamkan tersebut rata-rata berbobot 70 GT dan 120 GT. Selain itu, ada pula kapal yang ukurannya cukup besar dan akan dijadikan monumen.

Sejak awal menjabat menteri, Susi Pudjiastuti menjadi sorotan banyak orang. Pasalnya, Susi yang berijazah SMP itu tergolong bernyali memberantas maling ikan yang sudah lama merajalela. Cara kerja Susi kadang ‘mendahului’ aturan. Namun, tindakan tersebut dirasa perlu untuk memberantas maling ikan. Apalagi dalam beberapa kasus, maling ikan cukup lihai melakukan aksinya.

“Kita harus gerak cepat mengatasi masalah ini. Saya terkadang dahulukan bertindak. Aspek legal formalnya, after do it. Kalau tidak seperti itu, kabur dulu kapalnya, ” ucap Susi. Sebab, illegal fishing menyebabkan eksploitasi sumber daya ikan yang besar ini tidak berdampak banyak pada peningkatan PDB dan pajak di sektor yang ditanganinya.

Kapal-kapal pencuri masih berkeliaran di Utara Maluku, juga di Utara Papua.Dengan penindakan tegas saja intensitas pencurian ikan masih saja terjadi, apalagi tanpa itu. Susi mengaku mendapat dukungan internasional karena illegal fishing tak hanya soal pencurian ikan, tapi juga soal penyelundupan, perdagangan manusia, hewan langka, perbudakan, narkoba, dan perdagangan senjata.●(dd)

Share This:

3 Comments on “Susi Benamkan 70 Kapal Lagi”

  1. Hello my loved one! I want to say that this article is amazing, nice written and come with almost all significant infos. I’d like to see extra posts like this .

Comments are closed.