Sumbang 10, 52% Ekspor, Industri Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Masih Punya Daya Saing

Ilustrasi-Foto: Industry

JAKARTA—-Industri tekstil, kulit dan alas kaki memberikan kontribusi 10, 52% dari total ekspor nasional  atau setara dengan 18, 96 miliar dolar AS selama 2018.  Sektor  yang menyerap tenaga kerja mencapai 4, 65 juta orang menduduki nomor tiga dari seluruh komoditas ekspor.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, sebagai sektor tertua di Indonesia, industri tekstil, kulit dan alas kaki  mempunyai struktur yang kuat dari hulu hingga hilir.

 “Produk tekstil, kulit dan alas kaki nasional  masih  mampu bersaing dengan barang impor,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono dalam keterangan resminya, Selasa (22/10/19) dalam pembukaan Pameran tekstil, kulit & alas Kaki bertajuk Branding Nasional Kualitas Internasional.

Hal senada juga dinyatakan Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Muhammad produk-produk nasional itu bisa menjadi pilihan bagi masyarakat sebab kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.

“Produk-produk itu bisa menjadi subtitusi impor,” ucap dia.

Pameran itu  dugelar di Gedung Kemenperin, Jakarta, pada 22-25 Oktober 2019. Perelatan itu diikuti oleh 48 perusahaan dalam negerim terdiri dari 21 perusahaan tekstil, 8 produsen alas kaki, 14 produsen kulit dan produk turunannya, serta berbagai macam produsen lain, seperti karpet dan asesoris rumah tangga.

Seluruh peserta pameran ini hasil produksinya ditujukan untuk pasar ekspor dan pasar dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk merek impor. Oleh karena itu, produk yang dipamerkan dapat menjadi substitusi impor.

Sebagai catatan sepanjang kuartal I 2019, industri tekstil dan pakaian mengalami lonjakan yang signifikan, tumbuh 18,98%. Pencapaian pada kuartal I 2019 ini jauh lebih baik ketimbang pencapaian kuartal I 2018 yang sebesar 7,46%, bahkan melebihi pencapaian sepanjang 2018 yang sebesar 8,73%..

Share This:

You may also like...