Strategi Pemasaran untuk Maksimalkan Bisnis

Memanfaatkan email marketing dan beragam sosial media khusus bisnis untuk mempromosikan bisnis. Usaha strategi pemasaran ini cukup ampuh karena selain gratis, pengguna sosial media juga cukup banyak. Jadi, anda dapat mengenalkan bisnis ke banyak orang sekaligus tanpa harus menggelontorkan biaya besar.

DALAM menjalankan sebuah bidang usaha, menawarkan produk atau jasa agar diminati banyak konsumen adalah salah satu kunci sukses. Jika kualitas produk atau jasa yang ditawarkan cukup baik, bisnis akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan. Namun, menjajakan produk atau jasa berkualitas saja belum cukup untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

Dibutuhkan strategi pemasaran yang mumpuni agar konsumen mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan. Tanpa memiliki strategi pemasaran yang bagus, akan sulit mengembangkan bisnis dengan maksimal. Bahkan, risiko kalah saing sangat mungkin terjadi. Kunci penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis adalah mempelajari ilmu strategi pemasaran. Untuk itu, penjelasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.  

Umum. Pada dasarnya, strategi pemasaran merupakan sebuah upaya mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Menggunakan rencana serta taktik yang matang, sehingga tujuan bisa meningkatkan jumlah penjualan. Dalam praktiknya, strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan nilai ekonomi sebuah perusahaan. 

Dalam sebuah bisnis, terdapat tiga faktor yang biasanya menjadi penentu harga jual sebuah barang atau jasa. Faktor tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Berdasarkan faktor tersebut, pemasaran menjadi penghubung antara produksi dan konsumsi.

Versi ahli. Strategi pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah logika pemasaran pelaku bisnis yang berharap untuk mendapatkan nilai dan keuntungan dari menjaga hubungan dengan konsumen. Kurtz mengartikannya sebagai program perusahaan untuk menentukan target pasar dan memberi kepuasan kepada para konsumennya. Kepuasan konsumen bisa didapatkan dengan cara membangun beberapa elemen dari marketing mix, yakni, produk, distribusi, promosi, dan harga.

Philip Kotler memaknai strategi pemasaran sebagai sebuah pola pikir pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran ini terdiri dari pasar target, penetapan posisi, pembauran pemasaran, dan dana untuk pemasaran.

Tjiptono menyebut bahwa strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang dibuat guna mencapai tujuan bisnis atau perusahaan dengan meningkatkan kelebihan daya saing berkesinambungan. Hal tersebut dapat tercapai dengan melewati pasar yang dilalui, serta program pemasaran guna melayani target pasar tersebut.

 Stanton mendefinisikannya sebagai suatu hal yang mencakupi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan. Suatu hal tersebut berguna untuk merencanakan serta menentukan harga, promosi, dan juga menyalurkan produk agar dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

Fungsi strategi pemasaran. Menilik dari penjelasan para ahli di atas, fungsi dari strategi pemasaran sebenarnya sudah cukup jelas. Agar lebih memahami fungsi dari strategi pemasaran, cermati empat garis besar berikut ini:

  1. Bisa meningkatkan motivasi dalam melihat masa depan bisnis yang sedang dijalankan. Strategi pemasaran yang mengharuskan pelaku bisnis untuk dapat memperkirakan laju bisnis di masa depan, dan memberi semangat dalam berusaha;
  2. Sebagai pengatur arah jalannya sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan begitu, koordinasi tim pemasaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan sesuai target;
  3. Menjadi alat bantu untuk meraih tujuan perusahaan atau bisnis, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang;
  4. Adanya standar penilaian dari prestasi kerja dari para anggota di bidang usaha atau perusahaan tersebut. Dengan standar penilaian tersebut, pengawasan mutu dan kualitas kerja akan menjadi lebih efektif.

Tujuan kegiatan strategi pemasaran. Menyimak fungsi-fungsi di atas, strategi pemasaran pada umumnya memiliki tujuan yang beragam, di antaranya:

  1. Agar tim pemasaran dapat meningkatkan kualitas dari koordinasi antarindividu yang ada di dalamnya;
  2. Digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan pada standar prestasi yang sudah ditentukan sebelumnya;
  3. sebagai dasar pemikiran dalam mengambil keputusan marketing atau pemasaran;
  4. menjadi sebuah kegiatan untuk mengembangkan kemampuan sebuah bisnis untuk bisa beradaptasi.

Strategi pemasaran di era digital

Di era digital seperti saat ini, teknologi telah mengambil alih hampir di semua bidang pekerjaan dan bisnis. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah atau bisnis menjadi semakin berkembang.

Beberapa contoh strategi pemasaran di era digital nyatanya berhasil menarik konsumen dan memperluas jangkauan pasar dari sebuah bisnis atau perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang paling umum digunakan di era digital adalah email marketing. Memanfaatkan teknologi email untuk kebutuhan pemasaran juga tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu menggunakan penyedia layanan surel gratis dan menulis tulisan yang bisa membuat pelanggan incaran tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam melakukan email marketing, pastikan bahwa tulisan bersifat persuasif, namun tidak terlalu berlebihan dalam menjelaskan keunggulannya.

Biasanya, pelaku bisnis yang menggunakan email marketing akan menyisipkan form newsletter atau subscription. Tujuannya agar calon konsumen dapat menuliskan alamat surel mereka jika memang tertarik dengan tawaran bisnis anda. Dengan begitu, anda dapat melakukan kegiatan selanjutnya agar calon konsumen tersebut dapat menjadi pelanggan setia di bisnis.

Selain email marketing, terdapat strategi pemasaran yang disebut dengan mobile marketing. Di tengah maraknya pengguna smartphone oleh masyarakat di seluruh dunia, mobile marketing ini dapat menjadi strategi pemasaran yang mampu menggaet calon konsumen dengan jumlah masif.

Bagi yang memiliki bisnis toko online dan semacamnya, anda dapat mendesain tampilannya agar ramah dilihat bagi pengguna smartphone. Bila perlu, buat aplikasi khusus pada smartphone agar konsumen semakin mudah mengakses bisnis yang sedang dijalankan. Tapi, hal ini mungkin membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Jika anda ingin melakukan mobile marketing dengan biaya lebih terjangkau, anda dapat memanfaatkan penyedia layanan messenger gratisseperti, BBM, Whatsapp, dan Line. Dengan menggunakan layanan messenger tersebut, Anda dapat mempromosikan bisnis kepada calon pelanggan dengan cara yang hampir mirip dengan email marketing. Terakhir, anda dapat memanfaatkan beragam sosial media khusus bisnis untuk mempromosikan bisnis

Cara ini cukup ampuh dalam usaha strategi pemasaran karena selain gratis, pengguna sosial media juga cukup banyak. Jadi, anda dapat mengenalkan bisnis ke banyak orang sekaligus tanpa harus menggelontorkan biaya besar.●(Nay)

Share This: