Sri Untari: Dekopin Fokuskan Digitalisasi Koperasi

MALANG—-Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno menyampaikan jajarannya akan mendorong dan menggalakan koperasi segera melakukan digitalisasi.

Digitalisasi membuat koperasi mengikuti perkembangan zaman. Pada saat resesi seperti ini digitalisasi merupakan keniscayaan. Resesi merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan.

 “Digitalisasi koperasi menjadi fokus kami di Dekopin. Di Indonesia baru koperasi yang besar yang menyadari pentingnya digitalisasi,” ujar Sri Untari di Malang, Selasa, (6/10/20).

Sri Untari mencontohkan, salah satu koperasi yang sudah menerapkan digitalisasi adalah Setia Budi Wanita (SBW) Ke depan dia meminta seluruh koperasi yang tergabung dalam Dekopin untuk segera melakukan digitalisasi, berupa pembuatan website maupun aplikasi.

“Saya minta anggota Dekopin untuk segera masuk dalam dunia digitalisasi. Karena kalau kita tidak masuk ke dunia digitalisasi kita akan menjadi fosil,” ujar dia.

Dia mengungkap, untuk menahan resesi pemerintah sebenarnya telah menyediakan bantuan sekitar Rp1 triliun untuk koperasi melalui Kemenkop UKM dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Lanjut dia, Kemenkop UKM telah membuat sejumlah langkah diantaranya relaksasi pajak dan bantuan pinjaman modal melalui LPDB. Bahkan LPDB telah memangkas sejumlah aturan permodalan dari sebelumnya 18 syarat menjadi 3 syarat saja demi membantu koperasi dan UMKM.

Sri Untari menyatakan, pemerintah harus sangat kuat untuk membuat permodalan kembali. “LPDB dengan bunga 3 persen saya kira sudah sangat tepat, kalau perlu diberi masa tenggang 6 bulan tidak membayar,” pungkasnya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *