Soft Opening Bandara Kertajati, Segera

Bandara Kertajati

Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikebut. Targetnya, 2018 bandara di Majalengka, Jabar, ini sudah bisa dioperasikan. Hingga awal Januari 2017, total pembangunannya telah mencapai 27,32%. Total realisasi konstruksi itu disumbang dari paket infrastuktur utama (59,16%), terminal penumpang atau paket 2 (18,69%) dan seksi 3 yang meliputi bangunan penunjang (29,10%).

BIJB Kertajati dibiayai oleh APBN dan APBD Provinsi Jabar di samping unsur investor swasta. Pengelolaan bandara akan diserahkan kepada PT Angkasa Pura II dan BUMD Jabar PT BIJB. Dari peninjauan lapangan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan; Menhub Budi memprediksi Bandara Kertajati mulai dapat beroperasi pada Juni-Juli 2018. Soft opening segera dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018 ini.

Dari pihak Kementerian Perhubungan, untuk pembiayaan sisi udara, dipastikan cair alokasi dana Rp249 miliar. Dana tersebut untuk tahapan penyelesaian rapid taxi way, apron lighting, dan pekerjaan yang bersifat elektrifisasi. Saat ini, progres pembangunan dari sisi udara sudah 79%. Terkait fasilitas, sisi udara sudah merampungkan 29,4%, Air Traffic Control (ATC) 40%, dan pemasangan pipa hidran bahan bakar 43,6%.

Lahan run way 3.000 meter sudah oke, setelah persoalan pembebasan lahan penduduk terselesaikan. Run way ini idealnya dapat diperpanjang menjadi 3.500 meter. Hal itu diperlukan untuk memfasilitasi penerbangan dan pendaratan pesawat berkapasitas besar. Dengan rancangan seperti itu, Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra, optimistis BIJB Kertajati hadir menjadi bandara internasional terbesar kedua di Indonesia, setelah Bandara Soetta, Cengkareng.

Bandara di Majalengka ini dibangun untuk menggantikan Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung. Proyek ini diperkirakan menghabiskan biaya Rp25,4 triliun. Rencana awal nya, bandara Kertajati dibuka tahun 2016 tetapi mundur menjadi tahun 2017 tiba-tiba mundur lagi menjadi tahun 2018.‚óŹ(dd)

 

Share This: