Sesilia Seli Pendidik yang Berkoperasi

Menerima penghargaan sebagai koperasi paling responsif terhadap perubahan lingkungan adalah sebuah surprised, pengakuan dan sekaligus kebanggaan bagi Dra Sesilia Seli M.Pd. Koperasi Kredit (Credit Union) Khatulistiwa Bakti yang dipimpinnya berhasil tampil bersama sembilan Kopdit lainnya menerima penghargaan Koperasi Award 2014 November lalu di Jakarta.

“Penghargaan ini makin mengokohkan tim kami untuk lebih giat lagi memasyarakatkan koperasi di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia umumnya,” ujar perempuan kelahiran Semenok 27 Januari 1963 yang sudah dua periode memimpin Credit Union Khatulistiwa Bakti (CUKB).

Sejak dipercaya memimpin CUKB pada tahun 2011, Seli yang juga dosen FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak mengaku mendapat kepercayaan yang amat besar untuk mengelola sebuah CU. Itu sebabnya hampir sebagian besar aktivitasnya tercurah hanya untuk membesarkan CUKB. “Memang banyak hal lain yang harus tersisihkan, terutama waktu saya berkumpul bersama keluarga, tapi untungnya suami saya, Frans Laten selalu memberi support,” tutur ibu dua anak ini. Menyoal waktunya yang total di CU, bisa dimaklumi karena CUKB yang berdiri pada 12 Mei 1985 ini sudah memiliki 26 kantor cabang yang tersebar di enam kabupaten dan dua kota di seantero Kalimantan Barat. “Sebagian besar anggota kami adalah warga pedesaan. Untuk mendatangi mereka butuh waktu yang tidak singkat karena beratnya medan yang mesti ditempuh dan terbatasnya transportasi,” ujar Seli.
DSC_0067

Menurut dosen yang sedang menempuh Program Doktoral di Universiti Malaya, Kuala Lumpur ini, membangun koperasi tidak sekadar mengacu pada pendekatan ekonomi semata, koperasi (CU) adalah sebuah entitas dimana kebersamaan, keswadayaan, gotong royong, demokrasi, dan pendidikan melekat sangat kuat di dalamnya. Itu sebabnya semua CU selalu mengedepankan aspek pendidikan bagi setiap anggotanya. Bagi Seli sendiri bekerja di koperasi ataupun berkiprah sebagai pendidik di perguruan tinggi adalah sebuah amanah dan semuanya mesti dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan fokus. Sebagaimana prinsip kerja yang selama ini dipegangnya yaitu Think the best, do the best.

Share This: