Sekalipun TBA Turun, Harga Tiket Pesawat Masih Mahal

Ilustrasi-Foto: Ngopibareng

SOREANG-—Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan harga tiket pesawat masih mahal, sekalipun Tarif Batas Atas (TBA) sudah diturunkan oleh Kemenhub sebesar 12 hingga 16 persen. Hingga saat ini mahalnya harga tiket pesawat berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan di destinasi wisata sebesar 30 persen,

Hal ini diungkapkan Menpar kepada wartawan saat berkunjung ke Kabupaten Bandung, Jumat (17/5).

Menurut Arief harga tiket pesawat berbiaya muran atau low cost carrier(LCC) tarif batas atasnya satu juta rupiah. Namun yang dijual dipasaran adalah 50 persen diatas tarif batas bawah atau sekitar 35 persen.

“Contohnya masyarakat tahunya harga tiket Rp 500 ribu  untuk rute Jakarta-Surabaya. Tiba-tiba dulu dinaikan Rp1 juta. Oleh kita (dianggap) naik 100 persen,” ungkap Menpar.

Kondisi tersebut menghambat perkembangan pariwisata yang ada di Indonesia. Arief  mengaku  beberapa kali bertemu  Menhub Budi Karya.

“Saya masih menginginkan tarif batas atas untuk low cost carier itu masih bisa diturunkan. Karena sepengetahuan saya, tarif batas atas yang low cost carrier bisa 85 persen dari tarif batas atas full service seperti Garuda,” katadia .

Arief menginginkan penurunan harga tiket pesawat saat ini bisa mencapai 30 persen. “Saya menginginkan itu dari 15 persen bisa 30 persen,” pungkas dia.

Sementara itu Anton Thedy, seorang pemilik usaha perjalanan menyebut bahwa keputusan Kemenhub menurunkan TBA hingga 16 persen sudah bagus, namun masih mahal.  “Namun yang membuat masyarakat kaget ialah kenaikan harga itu tidak disosialisasikan sebelumnya,” ujar dia kepada Peluang, Jumat (17/5).

Anton menduga, masalahnya ini soal bisnis. Sudah lama harga tiket murah karena persaingan di bisnis airlines. Ketika tinggal dua kubu airlines maka persaingan menjadi sedikit dan semua menjual harga tiket mahal. “Mungkin harga mahal ini adalah harga normal,” tutur dia.

Hanya saja menurut dia konsumen penggunakan jasa perjalanannya hanya kaget. Kami memang mengalami penurunan, namun tidak besar, yaitu antara 5 hingga 7 persen,” kata dia.

Sebagai catatan harga tiket pesawat di rute populer saat ini, untuk Jakarta-Makassar TBA-nya Rp1.830 ribu, sedangkan Tarif Batas Bawah (TBB) Rp644.000.  Sementara untuk rute Jakarta-Medan dipatok Rp1.799.000 untuk TBA dan TBB Rp630.000.  Untuk Jakarta ke Palembang dipatok Rp844 ribu dan TBB Rp295 ribu.

Rute populer lainnya Jakarta-Surabaya dibandroll TBA  Rp1.167.000 dan TBB Rp408.000. Jakarta-Yogyakarta Rp860 ribu untuk TBA dan TBB Rp301.000 (van).

Share This: