SASAR MILENIAL MELEK KOPERASI

Memberi “bumbu baru” yang sedikit berbeda pada perayaan puncak hari koperasi tahun ini, itulah upaya keras  dilakukan Mohammad Arief Pahlevi Pangerang, Ketua Panitia Hari Koperasi Nasional 2019. “Bumbu baru dimaksud adalah melibatkan generasi milenial sebagai liaison officer dalam kepanitian Harkopnas dan menggelar sejumlah aktivitas semisal Jambore koperasi yang akan diisi dengan berbagai lomba kreatif, inovatif  dan ketrampilan.

“Dalam jambore itu ada perlombaan membuat yel-yel yang hasilnya akan dipertunjukan kepada Presiden Joko Widodo pada saat puncak perayaan Harkopnas pada 12 Juli ini,” ujarnya.   Sebanyak 400 generasi milenial dipatok bakal hadir dalam Jambore yang dijadwal pembukaannya oleh  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Mereka terdiri dari 102 utusan dari 34 Dekopinwil, 105 peserta utusan dari Dekopinda se-Jawa Tengah, 123 utusan koperasi mahasiswa, koperasi pemuda, serta 70 peserta dari startup coop atau platform coop. Usia peserta dibatasi 20 hingga 35 tahun.

Menyoal pelaksanaan  perayaan hari jadi gerakan koperasi ke 72 itu, Pahlevi -begitu ia biasa disapau- menjelaskan pihaknya sengaja kota Purwokerto sebagai lokasi. “Biasanya kan melulu digelar di kota besar ibu kota provinsi, kali ini kita adakan di kota tempat di mana cikal bakal koperasi itu lahir,” ujar pria kelahiran Ujungpandang, 4 September 1968 ini.  Aktif di sejumlah koperasi, antara lain Ketua Umum Induk KUD, Ketua Puskud Kaltim dan Ketua Koperasi Umroh Haji Indonesia, Pahlevi memang tidak rela jika citra koperasi melulu orang tua, pensiunan maupun para mantan pejabat. “Koperasi itu lembaga bisnis modern, hanya saja potensinya selama ini tak pernah dilirik. Kita malah lebih sering bangga dengan mendirikan persero,” tukas sarjana ekonomi jebolan Universitas Trisakti Jakarta ini. Karenanya, tekad Pahlevi, Harkopnas 2019  bertajuk “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0.” ini bakal dijadikan momentum kebangkitan generasi milenial dalam berkoperasi. Heroik banget ya. Dan kita ikut bangga. (Yuni)  

Share This:

You may also like...