Rumah Produksi Mitra Persada untuk Kemandirian Pelaku UKM

Ilustrasi-Foto: Istimewa

DUMAI--Kelompok Mitra Persada merupakan kelompok pelaku usaha biaan Pertamina dengan komposisi anggota beragam, mulai dari milenial usia produktif hingga lansia, semua tertampung di dalamnya.  Kelompok ini mempunyai beberapa unit usaha mulai dari tenun hingga kuliner.

Pada 17 Februari 2021, Pertamina meresmikan rumah produksi Kelompok Mitra Persada guna merespon potensi bidang wirausaha yang dimiliki oleh masyarakat sekitar kilang RU II Dumai, yaitu di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau.

Turut hadir dalam acara tersebut Communication, Relations & CSR Pertamina RU II, Bambang Imawan, Camat Dumai Timur, Zulfahren, Lurah Tanjung Palas, Aga Muhaimin, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas, Refaei Hasbi, serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PKKB) Dumai, Ningsih. 

Camat  Zulfahren mengapresiasi bantuan yang diberikan Pertamina RU II sebagai bentuk support dan dukungan kepada UMKM masyarakat Kelurahan Tanjung Palas.

“Rumah produksi dapat dimanfaatkan sebagai sarana penunjang anggota Kelompok Mitra Persada dalam memproduksi usaha pangan, tenun, dan kerajinan hasil jahit. Harapannya kedepan, Kelompok Mitra Persada dapat menjadi percontohan dan sentra produksi,” ujar Zulfahren dalam keterangan tertulisnya.

Sementara Ketua Kelompok Mitra Persada  Sumarsih mengungkapkan bahwa sebelum adanya program ini, pelaku UMKM di Kelurahan Tanjung Palas khususnya ibu rumah tangga memiliki berbagai kendala seperti minimnya peralatan produksi.

Selain itu terdapat masalah  rendahnya daya inovasi produk, dan rendahnya skill untuk mengembangkan jenis usaha lain.

“Kami berharap anggota terus bergerak meningkatkan produktivitas usahanya sehingga sampai ke tahap mandiri,” kata Sumarsih.

Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho, menambahkan bahwa dengan adanya rumah produksi yang dilengkapi perlengkapan yang memadai ini diharapkan dapat menambah semangat wirausaha masyarakat Kelurahan Tanjung Palas serta bisa menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya. 

Program CSR ini telah dijalankan Kelompok Mitra Persada sejak 2019 hingga saat ini. Selain bantuan infrastruktur berupa sarana dan prasarana usaha anggota kelompok, dalam program ini juga terdapat berbagai kegiatan seperti pelatihan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan.

Kegiatan tersebut bertujuan agar mitra binaan memiliki keterampilan dan kemandirian ekonomi yang berkelanjutan sehingga dalam menunjang perekonomian rumah tangga.

“Tidak hanya berhenti sampai kegiatan ini, Kelompok Mitra Persada dibawah pendampingan CSR RU II Dumai juga akan melakukan pelatihan peningkatan kapasitas lainnya yang rencananya akan bermuara pada berdirinya koperasi swadaya masyarakat bagi Kelompok Mitra Persada sekaligus kelompok binaan CSR RU II lainnya,” tutup Brasto.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *