Resika Caesaria, Ratu Cimol dari Banyumas

Ilustrasi-foto: Istimewa.

BANYUMAS—-Resika Caesaria kini bisa tersenyum, perjalanannya di dunia wirausaha selama belasan tahun berbuah manis. Pada November 2020 lalu perempuan yang bermukim di Banyumas ini menyabet salah satu penghargaan dari ajang Wirausaha Muda Mandiri.

“Alhamdullilah, selama mengikuti ajang saya mendapatkan banyak manfaat, mulai dari pembinaan gratis, link dan modal usaha,” ucap perempuan yang akrib disapa Cika ini ketika dihubungi Peluang, Kamis (18/2/21).

Dari modal itu pengusaha kuliner dengan brand Ratu Cimol ini melakukan diversifikasi usahanya membuat seblak.  Kini usaha barunya sedang berjalan. Sebelumnya Resika membuat cimol, cireng, cilok dan empek-empek. Produk cimolnya dijual berkisar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

Alumni Fakultas Keperawatan Universitas Harapan Bangsa Banyumas ini mendapat berkah di awal pandemi dengan kenaikan penjualan hingga 200 persen. Dalam sehari dia bisa menghabiskan satu kuintal tepung untuk membuat cimol. 

Kini Ratu Cimol mampu mempekerjakan sekira tiga puluh orang.  Hanya saja dampak pandemi terasa pada berkurangnya mitranya. Kalau dulu mitranya ada sekitar 400 orang, kini hanya 100. Soalnya mitranya keanyakan usaha kantin sekolah.

Berawal dari kantin demikian usaha Cika.  Masih segar dalam ingatannya pada 2005 lalu, ketika ia dan keluarga tak mempunyai uang untuk membayar uang sekolah.

Perempuan asal Banyumas, Jawa Tengah mencari solusi dengan menjual cimol di sekolah. Usaha kecil-kecilan ini berjalan. Begitu ada tambahan sedikit modal, Cika menggunakan gerobak dan berjualan di depan rumahnya.

“Modalnya sekitar Rp63 ribu, yang membuat ayah dan ibu, saya hanya menjual. Waktu itu saya duduk di bangku kelas satu SMA,” kenangnya.

Kemudian Cika setelah lulus perguruan tinggi pada 2013, dia rajin mempromosikan cimolnya via media sosial seperti facebook dan instagramnya..

Resika Cesaria-foto: Istimewa.

Kini dia yang membuat. Cimol produksinya kenyal dan padat dan diakui lezat. Pemasarannya sekitar Banyumas hingga Yogyakarta. Ke depan selain divervikasi usaha dia berencana agar produknya bisa tahan lama hingga pemasarannya bisa lebih luas (Van).

Share This:

One Comment on “Resika Caesaria, Ratu Cimol dari Banyumas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *