Resep Penting Creative Marketing

Ketersediaan kreatif pemasaran memang ditujukan untuk menjaga posisi perusahaan agar selalu berada relatif di atas (para pesaing). Tujuan penting kreatif pemasaran lainnya adalah ‘mengikat’ agar konsumen tidak berpindah ke lain hati.

KATA creative marketing bagi sebagian pebisnis mungkin tak terlalu asing. Tapi bagi sebagian pemula mungkin masih belum tahu apa itu creative marketing, atau diindonesiakan jadi “kreatif pemasaran”. Uraian singkat berikut ini merupakan pengantar yang baik untuk yang serius mendalami tema penting ini.

Creative marketing merupakan implementasi pemikiran yang sangat penting dalam proses penjualan barang. Fakta menunjukkan hal tersebut. Sebab, dari titik inilah akan ditentukan keberlangsungan (sukses atau bangkrutnya) sebuah perusahaan. Dalam proses penjualan, sangat dibutuhkan sarana yang digunakan untuk menjual barang yang telah diproduksi. Barang ataupun jasa tersebut tidak akan terjual dengan begitu saja setelah diproduksi.

Bagaimana caranya  barang atau jasa sampai ke konsumen? Di situlah pokok persoalannya. Posisi pemasaran sama menentukannnya dengan inovasi. Keduanya saling berkaitan dan saling menentukan. Tanpa inovasi, energi yang terkuras untuk  pemasaran jadi berlipat ganda. Tanpa pemasaran yang mumpuni, inovasi yang hebat pun hanya akan jadi barang yang teronggok di gudang pabrik.

Kreatif pemasaran merupakan sebuah langkah ataupun sebuah strategi yang diambil oleh seseorang untuk mampu memasarkan barang ataupun jasa yang dimilikinya. Kreatif sendiri berarti selalu ada inovasi atau kreasi baru yang selalu dikembangkan. Dengan demikian, konsumen tidak akan bosan dengan barang ataupun jasa yang kita tawarkan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kualitas barang ataupun jasa yang ditawarkan bisa terjaga dengan baik.

Ketersediaan kreatif pemasaran memang ditujukan untuk menjaga posisi perusahaan agar selalu berada relatif di atas (para pesaing). Tujuan penting kreatif pemasaran lainnya adalah ‘mengikat’ agar konsumen tidak berpindah ke lain hati. Dengan demikian, kontinyutas perusahaan tetap terjaga dan berjalan dengan baik, meski para pesaing dengan segala kebaruan yang ditawarkannya senantiasa siap mengambil alih posisi market leader.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai inovasi bermunculan dari berbagai penjuru. Pesaing yang dihadapi pun semakin banyak. Sebagai pelaku usaha, anda tidak sepatutnya berdiam diri dan hanya berharap keberuntungan. Harus ada inovasi dan berbagai usaha agar produk kita tetap laku di pasaran. Inilah tugas penting dari adanya kreatif pemasaran, sehingga perusahaan tetap eksis mempertahankan posisinya pada level tertentu. Mungkin saja di posisi puncak.

Meskipun terkadang terlihat sangat sederhana, fungsi dari kreatif pemasaran sangatlah diperlukan bahkan menentukan sebuah perusahaan. Tanpa adanya tim kreatif pemasaran, perusahaan tidaklah bisa berbuat banyak dalam menjual produk yang dihasilkannya. Jika proses penjualan dijalankan dengan pola konvensional dan ala kadar, pelan tetapi pasti perusahaan itu bakalan akan gulung.

Karena itu, gairah dan kreativitas yang tinggi sangat diperlukan di bidang pemasaran. Di dunia bisnis, dinamika berlangsung dengan cepat dan intens. Kita akan cepat tercecer dan tertinggal jika menjual sesuatu tanpa inovasi. Kita perlu sangat menyadari betapa pesaing secara alami akan datang dari berbagai arah yang tak terduga.●

Share This:

You may also like...