Relawan Bandung Berhasil Angkut 758 Kilogram Sampah di Enam Gunung

Ilustrasi kegiatan bersih gunung-foto: Dejabar.

BANDUNG—-Komunitas Gerakan Bersih Sampah Gunung Bandung menggelar aksi bersih sampah sejak 2 hingga 17 November di enam gunung seputar Bandung, yaitu Gunung  Gunung Putri, Gunung Jayagiri, Gunung Manglayang, Gunung Burangrang, Gunung Kromong, dan Puncak 2020 Rancaupas.

Aksi bersih yang melibatkan 262 relawan ini berhasil mengangkut 758 kilogram sampah. Hasil ini membuktikan banyak wisatawan yang tidak peduli pada lingkungan.

Menurut Koordinator Gerakan Bersih Sampah Gunung Bandung Dwitya Utama, enam gunung yang disasar merupakan kawasan dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi. Sementara aksi yang dilakukan sudah dilakukan tiga tahun berturut-turut.

“Sayangnya dari grafik sampah yang dihasilkan sama sekali tidak berkurang.Dengan kata lain, pola perilaku wisatawan masih belum berubah,” ujar Dwitya, Selasa (19/11/19) seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Dwitya mencontohkan,  pada aksi bersih 2017 lalu, sampah yang terkumpul sebanyak 451 kg dari 4 gunung. Sementara pada 2018, terkumpul sebanyak 1.904 kg sampah dari total 9 gunung.

Jenis sampah yang ditemukan kali ini masih didominasi oleh plastik khususnya botol air mineral.

“Selain itu juga ditemukan berbagai jenis sampah lainnya seperti styrofoam, botol kaca, tisu, kain, hingga baterai,” pungkas dia.

Share This:

You may also like...