Produk Salam Untuk Pemerataan dan Kesejahteraan

KSPPS Bakti Huria Syariah menjadi koperasi pertama di Sulawesi Selatan yang meluncurkan pembiayaan air bersih dan sanitasi yang layak untuk anggota.

Ketimpangan ekonomi masih menjadi momok dalam 75 tahun Indonesia merdeka. Salah satu bentuknya adalah masih banyak masyarakat yang belum dapat mengakses sanitasi dan air bersih. KSPPS Bakti Huria Syariah (BHS) hadir memberi solusi dengan meluncurkan produk pembiayaan Mikro Salam pada 5 Agustus 2020.

Andi Amri, Ketua KSPPS BHS mengatakan, peluncuran produk mikro Salam merupakan salah satu komitmen BHS dalam meciptakan pemerataan kesejahteraan khususnya pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi yang layak. “Kami sudah merencanakan Salam sejak dua tahun silam. Inilah wujud koperasi yang sesungguhnya mengedepankan kemanfaatan kepada anggota diatas segalanya,” ujar Andi Amri.

Mikro Salam merupakan pembiayaan sanitasi lingkungan dan air minum. Ada delapan jenis pembiayaan Salam antara lain pembiayaan jamban, tangki septik, tangki septik fiber, toren air, sambungan PDAM, WC komplit, dan sumur bor. Plafon pinjaman mulai dari Rp1,5 juta sampai Rp8 juta, tergantung jenis pembiayaannya. Fasilitas pembiayaan ini tersedia di 24 cabang BHS di 13 Kabupaten/Kota di provinsi Sulawesi Selatan.

Produk mikro Salam itu difokuskan pada anggota dan masyarakat berpenghasilan rendah. Untuk mempercepat penetrasi produk, BHS menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat sehingga fasilitas sanitasi dan air minum dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Andi Amri menambahkan, BHS merupakan koperasi pertama di Sulawesi Selatan yang mengembangkan skim produk sanitasi dan air bersih tersebut. Ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. “Kami menjadi koperasi pelopor dan pertama di Sulawesi Selatan yang meluncurkan pembiayaan air bersih dan sanitasi yang layak,” ungkap Andi.

Produk Mikro Salam diyakini  menjadi penebar manfaat kepada anggota dan masyarakat luas yang mendukung kesejahteraan dari sisi sosial, ekonomi dan kesehatan. Ini sejalan dengan 4 pilar KSPPS BHS dalam menyejahterakan masyarakat melalui Spiritual, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial. (Kur)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *