Produk Kerajinan Tangan Indonesia Punya Peluang di Pasar Global

ilustrasi-Foto:Jadiberita.com

JAKARTA-–Presiden Joko Widodo mengungkapkan produk kerajinan tangan potensi menjadi kekuatan Indonesia di pasar global.  Sekalipun saat ini ekonomi global mengalami keterlambatan, tetapi tersedia ruang bagi komoditas yang bukan berbasis produksi massal.

“Produk kerajinan tangan bisa diekspor dalam jumlah tidak besar dan mempunyai peluang pasar sendiri.  Para pelaku kerajinan jangan memasuki produksi massal karena akan kalah bersaing,” ujar Jokowi usai menghadiri Pameran Karya Kreatif Indonesia di JHCC, Jumat (12/7)/

Dampak perang dagang membuat ekonomi global lesu. Indonesia perlu mengandalkan produk UMKM yang bisa diekspor, tentunya juga produk padat karya yang biasa diekspor dalam jumlah massal.

“Produk kerajinan tangan Indonesia kondang memiliki kualitas premium dianggap mampu bersaing di kancah internasional,” ucap Presiden.

Untuk itu Jokowi mengatakan, pemasaran produk UMKM perlu diarahkan melalui platform digital. Dengan platform digital ini,  pemasaran produk UMKM bisa menyasar market place dunia.

Share This:

You may also like...