Poktan Berkah Tani Bangka Selatan Siapkan Budi Daya Lada untuk Ekspor

BANGKA SELATAN—Direktorat Jenderal Perkebunan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas komoditas yang berorientasi ekspor. Di antaranya upaya itu menggandeng Kelompok Tani (Poktan) Berkah Tani di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Prov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Poktan Berkah Tani ini mempunyai trek yang bagus, sukses mengembangkan usaha pupuk kompos. Kini memulai budi daya lada dan saat ini baru pada tahap land clearing dan diharapkan akhir tahun 2020  bisa segera ditanami.

“Kami kembali ke hulu lagi sambil membenahi tanaman lada yang sudah ada, dan mengembangkan demplot seluas  3 /4 Ha lagi,” kata Ketua Poktan Berkah Tani, Alfeddy Hernandy, (14/10/20) seperti dikutip dari Sinartani.

Menurut Alfeddy, sesuai rencana, bibitnya nanti diambil dari bibit lada yang sudah bersertifikat dari Poktan mitra, di Bangka Barat. Apabila mengikuti SOP demplot superbokhasi yang dilakukan Poktan mitra di Bangka Barat, mereka mampu produksi lada kering lebih kurang 4 kg/batang.

“Artinya, bibitnya punya produktivitas cukup tinggi dibandingkan Vietnam yang rata-rata 2,7 kg/batang,” kata Alfeddy.

Poktan Berkah Tani sempat melakukan hilirisasi lada putih dengan menjual lada bubuk. Apalagi, komoditas lada bubuk sangat diminati pasar lokal dan ekspor. Namun, untuk mengembangkan hilirisasi lada putih tanpa pembenahan di hulu, mustahil akan tercapai dengan baik.

Menurut Alfeddy, harga lada saat ini cukup bagus. Khususnya  untuk produk green pappercorn atau lada yang dibuat semacam acar, yang umumnya diminati pasar ekspor harganya bisa mencapai Rp120 ribu/kg (basah).

Demplot yang disiapkan, nantinya juga sebagai sarana edukasi kepada petani  untuk melakukan budi daya lada sesuai GAP. Lada yang dibudidaya di demplot ini dilakukan dengan sistem organik.

Apabila, lada yang ditanam di demplot tersebut pada akhir tahun ini, lanjut Alfeddy, diperkirakan bisa panen raya kurang lebih pada Agustus- Oktober 2022.

“Jadi, yang kami siapkan ini memang untuk jangka panjang,” pungkasnya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *