Pintar Memasarkan Produk Anyar

Promosi tak lain dari penyebarluasan informasi produk ke target pasar potensial, mendorong peningkatan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

BAGAIMANA cara memasarkan sebuah produk baru? Itu masalah yang paling umum dihadapi para pemain baru, bahkan para pemain lama sekalipun. Cara itulah yang bakal menentukan pencapaian tujuan bisnis berupa peningkatan penjualan. Adapun aktivitas pemasaran sendiri mencakup deskripsi produk pemasaran, desain produk, promosi produk, produk iklan, komunikasi dengan konsumen, dan pengiriman produk untuk menjangkau konsumen.

Tak mudah memasarkan produk baru, memang. Untuk sosialisasi produk-produk baru yang ‘belum diakui’ oleh masyarakat, target konsumennya harus jelas. Jika selama bertahun-tahun keluarga makan mie instan merek Z. Kemudian muncul produk baru merek mie instan W. Keluarga itu tidak akan segera membeli dan mengkonsumsi merek W. Bagi mereka, kebertautan denhan merek Z mungkin sudah bersifat emosional. Konsumen tidak akan mencoba produk baru jika tidak ada upaya memperkenalkan.

Langsung memajang produk baru di rak-rak tok0 adalah tindakan naif. Strategi bagaimana cara memasarkan produk baru adalah sebuah tantangan. Konsumen cenderung fanatik pada suatu merek, brand image. Mereka niscaya akan memilih produk yang telah lama ada dan sudah lama mereka gunakan. Untuk mencapai tujuan pemasaran, ada strategi pemasaran produk baru agar berhasil. Dibutuhkan strategi pemasaran yang unik untuk produk baru agar dapat mencapai sukses.

Promosi produk. Promosi tak lain dari upaya menawarkan produk, menarik calon konsumen untuk membeli. Promosi bertujuan menyebarluaskan informasi produk ke target pasar potensial, mendorong peningkatan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan, mengubah perilaku dan konsumen pendapat, membentuk gambar produk dalam perspektif nasabah, menstabilkan penjualan dan meningkatkan manfaat produk dibanding pesaing. Mengambil hati para pelanggan adalah bagian dari promosi.

Riset pemasaran. Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Riset pasar diperlukan untuk menentukan potensi produk yang dijual kepada konsumen. Jika hasilnya positif, anda dapat menjual produk. Jika negatif, anda perlu mengevaluasi dan paket produk anda sedemikian rupa agar dapat diterima oleh konsumen.

Layanan konsumen. Melayani pelanggan juga harus dilakukan. Konsumen yang mendapatkan perawatan ekstra dari anda cenderung akan menjadi pelanggan setia. Beri konsumen anda kemudahan pembayaran. Jika perlu, berikan diskon atau bonus. Jangan segan-segan meminta saran dari pelanggan anda tentang apa yang harus diperbaiki. Bahkan minta nasihat untuk menargetkan pasar yang tepat.

Sebagai permulaan, anda perlu menambahkan layanan transportasi. Selain kualitas, anda dapat mengambil keuntungan dari kecepatan terakhir. Pelayanan yang baik adalah juga hubungan yang baik. Anda dapat mengirim kartu terima kasih, informasi, produk katalog atau diskon promo. Hal-hal kecil semacam itu akan membuat para konsumen merasa lebih dihargai.

Jaga kualitas produk. Menjual produk baru bukannya tanpa risiko. Jika produk anda mengecewakan ketika pertama kali diluncurkan ke pasar, konsumen akan meninggalkan anda. Kualitas produk dapat dilakukan dengan menjawab kebutuhan mereka. Produk baru ini harus diperlukan oleh orang banyak dan memiliki kualitas yang baik. Anda dapat bersaing dengan produk sejenis yang sudah lebih dulu merebut hati konsumen. Dengan kualitas yang unggul (silakan temukan pada aspek mana anda ingin nggul), konsumen perlahan-lahan akan menyadari bahwa produk anda lebih baik.●(Nay)

Share This:

You may also like...