Pilar Utama Manajemen Waktu

Tiga hal amat direkomendasikan untuk menyiasati dan mendayagunakan waktu secara efisien. Yakni hindari sebab pemborosan, susun daftar prioritas, dan selalu fokus.

MANAJEMEN waktu merupakan salah satu keterampilan yang  harus dikuasai dan paling diperlukan saat ini. Di dunia modern yang serba cepat, jika abai menyiasati waktu, anda akan tercecer dan tertinggal. Waktu harus dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin.  Sukses seseorang banyak yang berawal dari kesadaran semacam ini. Maka, lakukan apa pun yang anda inginkan, dan berpegang teguhlah pada faktor waktu.

Di bawah ada tiga tips manajemen waktu yang cukup mudah diaplikasikan. Jika anda camkan, lalu ditumbuhkan sebagai kebiasaan, niscaya akan mendapatkan manfaatkannya. Siapa pun anda, disarankan melakukan ketiga tips di bawah ini, sekarang. Jangan sampai menunda-nunda. Waktu tak penah menunggu anda siapa atau belum karena ia terus berjalan dengan atau tanpa anda sadari.

Lenyapkan sebab pemborosan. Pemboros waktu adalah segala sesuatu yang sifatnya mengganggu. Anda menghabiskan waktu untuk melakukannya, tapi hal tersebut tidak punya manfaat yang berharga. Di situ anda sebenarnya punya pilihan: akan melakukannya atau tidak/menghindarinya. Menghindar dari godaan pemboros waktu ini sangat penting untuk sukses memanajemeni waktu.

Sebenarnya, yang tergolong pemboros waktu tak hanya pekerjaan-pekerjaan yang tidak membawa manfaat. Pekerjaan bermanfaat pun, jika dilakukan berlebih, bisa berubah menjadi pemboros waktu. Contoh terbaik untuk ini adalah:

Email. Jika anda menghabiskan lebih dari 30 menit per hari di email (kecuali jika itu adalah bisnis anda), anda memubazirkan waktu terlalu banyak.

Telepon. Jika anda menjawab telepon hidup lebih dari 5 kali per hari selama waktu produktif anda (pekerjaan, bekerja di rumah, dan lain-lain), anda mengorbankan waktu dan efisiensi manajemen. Ketika anda menjawab telepon, anda mengganggu arus produktif anda dan ini bisa membunuh produktivitas anda.

Televisi. Media ini memang bermanfaat untuk hiburan. Tapi anda harus membatasinya untuk mencapai kontrol penuh atas waktu anda. Cukup 30 menit per hari. Cepat sadari dan simpulkan ketika tayangan demi tayangan tidak ada manfaatnya buiat anda, selain pemborosan waktu.

Buat daftar yang penting. Buatlah daftar tentang apa yang benar-benar penting dalam hidup anda. Secara tertib anda hanya melakukan hal-hal yang ada dalam daftar tersebut. Salah satu kunci dalam manajemen waktu adalah prioritas: anda benar-benar harus tahu apa yang ingin anda capai dan kemudian melakukan tindakan yang hanya berguna untuk tujuan itu. Dunia hari ini telah terlalu banyak gangguan, dan ketika anda membiarkannya, artinya anda mengorbankan manajemen waktu.

Ikuti langkah-langkah berikut ini: Buatlah daftar tentang apa yang ingin Anda capai. Tetapkan kerangka waktu untuk menyelesaikan setiap item. Mengatur setiap item dalam urutan prioritas. Buat rencana untuk mencapai setiap tujuan anda.

Fokus. Anda sudah memiliki daftar tindakan yang penting. Langkah selanjutnya adalah fokus. Ada dua fokus yang harus anda perhatikan. Pertama: fokuslah pada daftar penting tadi. Jangan biarkan diri anda terganggu oleh pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting. Kedua: fokuslah saat melakukan pekerjaan penting anda. Maksudnya, saat anda mengerjakan satu hal, tindakan dan pikiran anda hanya tercurah untuk satu hal tersebut.

Dengan membiasakan ketiga tips di atas, kemampuan anda dalam manajemen waktu akan cepat meningkat.●(Nay)

Share This: