Penyedia SDM Alihdaya Profesional

1

Kualitas dan profesionalitas pekerja merupakan hal yang tidak bisa ditawar untuk menjaga citra positif perusahaan dihadapan klien. Oleh karenanya, Putratama Group berkomitmen untuk senantiasa menjaga mutu SDM.

Susi Andrianis

BANYAK perusahaan yang mempekerjakan tenaga alih daya (outsourcing) di luar bisnis intinya dengan pertimbangan efisiensi dan memacu daya saing. Tenaga keamanan merupakan salah satu sektor penting di dunia usaha untuk menjamin suasana tetap aman dan kondusif. Permintaan terhadap tenaga keamaanan yang profesional pun terus tumbuh, baik di perkantoran maupun kawasan industrial. Hal ini mendorong kemunculan banyak perusahaan penyedia jasa tenaga keamanan.

Salah satu perusahaan yang memiliki core business pemasok sumber daya manusia untuk tenaga keamanan adalah Putratama Group atau lebih dikenal dengan label Security Gagak Rimang. Usaha yang dirintis Susi Andrianis ini telah berdiri sejak 2005. Hingga kini, perusahaan yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat ini sudah memiliki 90 klien, baik perusahaan lokal maupun multinasional.

Menurut Susi, kebutuhan industri terhadap jasa keamanan yang andal tetap tinggi. Hal ini tidak lepas dari dinamika yang sering terjadi di dunia usaha. Sumbernya bisa berasal dari ketidakpuasan internal maupun dari eksternal. “SDM kami dapat diandalkan untuk memastikan suasana tetap aman dan terkendali,” ujar Susi.

SDM keamanan yang profesional bermula dari proses rekrutmen. Dalam hal ini, Putratama bekerja sama dengan sejumlah balai latihan kerja (BLK). Sehingga SDM yang direkrut sudah memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Setelah tahap perekrutan, proses pembinaan untuk membentuk karakter dan attitude yang positif juga penting dilakukan. Terlebih, SDM yang dipekerjakan di klien merupakan ujung tombak perusahaan. Baik atau buruknya citra Putratama sangat tergantung dengan kinerja mereka.

Untuk memberi layanan prima kepada klien, kata Susi, biasanya tergantung pada karakter klien. Misalnya kebutuhan untuk tenaga kerja jasa keamanan di perkantoran jelas berbeda dengan wilayah industrial. Putratama akan selalu menyediakan kualifikasi tenaga kerja  sesuai dengan kebutuhan klien.

Selama 12 tahun berkiprah di industri jasa keamanan, ada pengalaman menarik yang dialaminya. Pernah salah satu klien yang notabene perusahaan multinasional menghadapi gelombang unjuk rasa dari karyawannya sendiri. Putratama sebagai mitra perusahaan tersebut memiliki kewajiban untuk membantu agar suasana kembali kondusif. Akhirnya dengan pendekatan yang persuasif, unjuk rasa bisa dikendalikan tanpa menimbulkan kerugian yang berarti bagi perusahaan. “Kuncinya terletak pada komunikasi dan pendekatan macam apa yang kita lakukan,” ucap Susi.

Selain penyedia SDM tenaga keamanan, Putratama telah mengembangkan usahanya ke sektor lain seperti rental kendaraan, agribisnis (pengadaan bahan pangan) dan usaha packaging. Hal ini dilakukan untuk menggenjot skala usaha perusahaan. Selain itu, untuk menyebar risiko yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.  (Drajat)

 

Share This:

One thought on “Penyedia SDM Alihdaya Profesional

Comments are closed.

Next Post

Nuritek Dirintis Saat Pacaran

Sel Apr 4 , 2017
Nuritek, produsen alat kesehatan asal Cianjur telah memproduksi sebanyak lebih dari 500 macam produk dengan omzet sebesar Rp10 miliar per bulan. Sang pemilik, Linda Mardalina mengaku akan terus berinovasi untuk menjaga pertumbuhan usaha. KEBUTUHAN industri kesehatan terhadap alat-alat kesehatan (Alkes) dan kedokteran masih sangat besar. Sebagian barang berasal dari impor […]