Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tetap di Atas Lima Persen

Airlangga Hartanto-Foto: Liputan 6.

JAKARTA—-Perbaikan kinerja belanja pemerintah pada kuartal terakhir 2019 dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sedikit di atas lima persen. Pernyataan ini dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto di Istana Negara, Rabu (20/11/19).

Keyaninan pemerintah ini berbeda dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang dirilis lembaga pemeringkat, JP Morgan yang memprediksi ekonomi Indonesia tak akan tumbuh di atas 5 persen pada 2019 ini.  Lembaba ini menyebut pertumbuhan  melambat dibanding tahun 2018 yang bertengger di level 5,17 persen sepanjang tahun.

“Mereka boleh saja memprediksi.  Survei BPS kemarin 5 persen di atas sedikit. Tentunya kita memperhatikan  pada kuartal kemarin yang juga belom optimal adalah belanja negara,” kata Airlangga.

Menurut dia Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan kementerian/lembaga dan pemda untuk mempercepat belanja, termasuk mempercepat tender bila diperlukan. Belanja pemerintah yang bisa tersalurkan lebih awal diharapkan mampu menstimulasi roda pertumbuhan.

“Presiden bilang kita harus punya program yang mendorong sektor pertumbuhan dan berbagai sektor lain digenjot. Insha Allah secara agrerat kita bisa mencapai,” tutup dia.

Share This:

You may also like...