Pemerintah Akan Tingkatkan Serapan Karet Dalam Negeri

Ilustrasi-Foto: Katadata.

JAKARTA—Anjloknya ekspor karet dan harga karet global yang belum sesusai harapan, membuat Pemerintah beralih untuk meningkatan serapan di dalam negeri. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, sejumlah kementerian dan lembaga negara telah menerima instruksi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menghitung kebutuhan masing-masing.

Menurut Budi di jajarannya, pengadaan alat penunjang lalu lintas berpotensi dibuat dengan memanfaatkan karet.  Di antaranya ada kebutuhan untuk traffic cone, kemudian barrier yang kebanyakan terbuat dari beton itu bisa memanfaatkan karet alam.

“Kalau di kereta api bisa menjadi bantalan rel, dock fender untuk di pelabuhan juga bisa menggunakan karet,” tutur Budi usai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (14/10/19).

Hanya saja Budi belum bisa memastikan total kebutuhan karet alam untuk pengembangan alat-alat tersebut.

“Kajian oleh PT Riset Perkebunan Nusantara tengah disiapkan untuk mengetahui total kebutuhan,” pungkas dia.

Share This:

Next Post

Sesmenkop UKM dan Wagub Banten Resmikan Minimarket dan Toko Bangunan Kopmen BMI

Sen Okt 14 , 2019
SERANG—-Kendati belum genap setahun beroperasi, Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI) membuktikan kemampuan menggulirkan usaha yang menyasar pada kebutuhan masyarakat. Dalam tempo relatif  singkat kopmen yang berdiri pada Februari 2019 ini telah mendirikan 4 toko bangunan, 3 minimarket dan 2 warung grosir. “Pemerintah akan terus mendorong koperasi berbasis masyarakat […]